International Updates

Keluarga Muslim Tewas di Kanada, Pilu 5 Anak Kehilangan Orangtua karena Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 17:35 WIB
People attend a memorial at the location where a family of five was hit by a driver, in London, Ontario, Monday, June 7, 2021. Four of the members of the family died and one is in critical condition. A 20-year-old male has been charged with four counts of first degree murder and count of attempted murder in connection with the crime. (Brett Gundlock/The Canadian Press via AP)
seorang pemuda menabrakkan mobilnya ke keluarga Muslim di Kanada (Foto: AP/Brett Gundlock)
Jakarta -

Seorang pengemudi menabrakkan sebuah truk pickup ke sebuah keluarga yang terdiri dari lima orang, menewaskan empat orang dari mereka dan melukai serius satu orang lainnya di Kanada. Pelaku, seorang pemuda berumur 20 tahun telah ditangkap dan menghadapi empat dakwaan pembunuhan tingkat pertama.

Seperti dilansir Associated Press dan Channel News Asia, Selasa (8/6/2021), Kepolisian Kanada menyatakan pelaku menargetkan para korban karena mereka Muslim. Pihak berwenang mengatakan seorang pemuda ditangkap di tempat parkir sebuah mal terdekat setelah serangan di kota London, Ontario tersebut. Polisi mengatakan sebuah truk pickup hitam menaiki trotoar dan menabrak para korban di persimpangan jalan.

"Ini adalah tindakan pembunuhan massal yang dilakukan terhadap Muslim," kata Wali Kota London Ed Holder.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (8/6/2021):

- Keluarga Muslim Tewas Diserang, PM Kanada: Islamofobia Tak Punya Tempat!

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, menyatakan dirinya 'ngeri' atas kabar kematian empat orang anggota keluarga Muslim dalam serangan truk di Ontario. Trudeau menegaskan bahwa Islamofobia tidak memiliki tempat di Kanada.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (8/6/2021), empat orang sekeluarga tewas dan satu anak laki-laki yang berusia 9 tahun mengalami luka-luka serius dalam serangan di kota London, Ontario, pada Minggu (6/6) malam waktu setempat.

Pelaku penyerangan, yang diidentifikasi bernama Nathaniel Veltman (20), telah ditahan dan menghadapi empat dakwaan pembunuhan tingkat pertama.

- Keluarga Muslim Tewas Diserang, Dewan Muslim Kanada: Ini Serangan Teroris!

Seorang pengemudi menabrakkan sebuah truk pickup ke sebuah keluarga yang terdiri dari lima orang, menewaskan empat orang dari mereka dan melukai serius satu orang lainnya di Kanada. Kepolisian Kanada menyatakan serangan di kota London, Ontario itu direncanakan dan pelaku menargetkan para korban karena mereka Muslim.

Pelakunya, Nathaniel Veltman (20) ditahan dan menghadapi empat dakwaan pembunuhan tingkat pertama. Polisi mengatakan Veltman, seorang warga London, tidak mengenal para korban.

Seperti dilansir Associated Press dan Channel News Asia, Selasa (8/6/2021), Dewan Nasional Muslim Kanada mengatakan sangat ngeri atas serangan ini. Dikatakan bahwa Muslim di Kanada telah menjadi terlalu akrab dengan kekerasan Islamofobia.

"Ini adalah serangan teroris di tanah Kanada, dan harus diperlakukan seperti itu," kata Kepala Dewan Nasional Muslim Kanada, Mustafa Farooq.

- Kisah Pilu 5 Kakak-Beradik Kehilangan Orangtua karena Corona

Lima kakak-beradik di Malaysia menjadi yatim piatu setelah kehilangan kedua orangtua mereka karena virus Corona. Keduanya meninggal dunia dalam selisih waktu beberapa hari saja.

Seperti diberitakan Bernama dan The Star, Selasa (8/6/2021), Muhammad Haidir Rodzi masih mengingat pesan ibunya dengan jelas, bahwa ia harus menjaga keempat adiknya, sebelum dirawat di unit perawatan intensif (ICU) Rumah Sakit Tuanku Ja'afar karena COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2