India Segera Mulai Vaksinasi Corona, Target 300 Juta Orang dalam 6 Bulan

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 17:15 WIB
Covid-19 di India: Para ilmuwan mengatakan negara itu telah mencapai puncak pandemi virus corona namun peringatkan peningkatan bisa terjadi lagi
Ilustrasi (BBC World)
New Delhi -

Otoritas India akan memulai vaksinasi massal virus Corona (COVID-19) terhadap penduduknya pada Sabtu (16/1) mendatang. Program vaksinasi Corona di India disebut sebagai salah satu yang terbesar di dunia, dengan menargetkan untuk memvaksinasi 300 juta orang dalam enam bulan pertama.

Seperti dilansir AFP, Senin (11/1/2021), program vaksinasi Corona di India disebut menjadi tugas kolosal dan kompleks yang diwarnai kekhawatiran soal keselamatan di tengah infrastruktur yang goyah dan skeptisisme publik.

Dengan total penduduk mencapai 1,3 miliar jiwa, otoritas India menetapkan target ambisius yakni memvaksinasi 300 juta orang setidaknya hingga Juli mendatang.

Kelompok pertama yang mendapatkan vaksin Corona yang telah mendapat 'izin penggunaan darurat' adalah 30 juta tenaga medis dan pekerja garis depan, yang diikuti oleh 270 juta orang lainnya di berbagai wilayah India, khususnya yang berusia di atas 50 tahun atau yang dianggap berisiko tinggi tertular Corona.

Sekitar 150 ribu staf di 700 distrik telah mendapatkan pelatihan khusus untuk melakukan vaksinasi massal. Beberapa pekan terakhir, India menggelar sejumlah latihan vaksinasi massal secara nasional yang melibatkan uji coba penyaluran vaksin tiruan.

Otoritas India akan memanfaatkan pengalaman dari pelaksanaan pemilu secara besar-besaran dan program imunisasi rutin untuk polio dan tuberkulosis pada anak, dalam program vaksinasi massal ini. Namun di negara yang sangat besar dan miskin dengan jaringan transportasi buruk serta layanan kesehatan yang memiliki salah satu pendanaan terburuk di dunia, program vaksinasi massal ini dianggap mengkhawatirkan.

Satyajit Rath dari Institut Imunologi Nasional menyebut program imunisasi anak sebagai 'program lebih kecil' dan vaksinasi Corona akan 'sangat menantang' untuk otoritas India.

Simak video 'Rumah Sakit di India Terbakar, 10 Korban Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2