Media Asing Soroti Seaglider Misterius, Pesawat Jatuh Timpa Rumah Warga AS

ADVERTISEMENT

International Updates

Media Asing Soroti Seaglider Misterius, Pesawat Jatuh Timpa Rumah Warga AS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 18:36 WIB
Seaglider yang ditemukan di Laut Selayar, Sulsel.
Seaglider yang ditemukan di Laut Selayar, Sulsel (Foto: Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Media asing asal Inggris menyoroti penemuan seaglider yang awalnya diduga 'drone' di Laut Selayar, Sulawesi Selatan. Seaglider itu diduga merupakan milik China.

Sorotan itu datang dari media Inggris, The Guardian dalam berita berjudul 'Indonesian fisher finds drone submarine on possible covert mission'. Berita itu terbit 31 Desember 2019 lalu. Guardian menulis bahwa seaglider ditemukan oleh nelayan dan merupakan drone milik China.

"Seorang nelayan Indonesia telah menemukan apa yang menurut para ahli kemungkinan besar adalah drone bawah laut China di perairan pada rute maritim strategis dari Laut China Selatan ke Australia," tulis The Guardian.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (4/1/2021):

- Pesawat Jatuh Menimpa Rumah Warga di AS, 3 Orang Tewas

Sebuah pesawat jatuh dan menimpa sebuah rumah di pinggiran Detroit, Michigan, Amerika Serikat (AS). Sedikitnya tiga orang tewas akibat insiden ini.

Seperti dilansir CNN, Senin (4/1/2021), kantor Sheriff Oakland County menyebut ketiga korban tewas diyakini merupakan pilot pesawat dan dua penumpangnya. Identitas ketiganya tidak diungkap ke publik. Penyebab jatuhnya pesawat kecil itu juga belum diketahui pasti.

Sherif Oakland County, Mike Bouchard, menuturkan pesawat yang jatuh merupakan jenis mesin tunggal Piper PA-24. Laporan media lokal The Detroit News yang mengutip FlightAware.com menyebut bahwa pesawat itu mengudara dari Bandara Cherokee County Regional di Canton, Georgia menuju bandara New Hudson.

Lima orang satu keluarga yang tinggal di rumah lantai dua yang ditabrak pesawat itu, berhasil selamat. Namun rumah itu terbakar hebat. Insiden ini terjadi di Lyon Township, yang berjarak sekitar 64 kilometer sebelah barat Detroit.

- Pelantikan Joe Biden Akan Disertai Parade Virtual

Pelantikan Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, akan digelar dengan mematuhi pembatasan kerumunan selama pandemi virus Corona (COVID-19). Salah satunya menyertakan momen 'parade virtual' di seluruh wilayah AS.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (4/1/2021), hal tersebut diumumkan oleh pihak penyelenggara pelantikan presiden, Komisi Pelantikan Presiden AS, pada Minggu (3/1) waktu setempat.

Diumumkan bahwa setelah upacara pelantikan pada 20 Januari mendatang di sisi barat Gedung Capitol AS di Washington DC, Biden dan istrinya, Jill, akan bergabung dengan Wakil Presiden terpilih AS, Kamala Harris dan suaminya untuk berpartisipasi dalam menginspeksi parade militer yang menerapkan social distancing di seberang Gedung Capitol AS. Ini menjadi tradisi militer di mana Biden akan menginspeksi kesiapan pasukan militer.

- Arab Saudi Cabut Larangan Penerbangan Internasional Terkait COVID-19

Pemerintahan Arab Saudi mencabut larangan penerbangan internasional sementara terkait COVID-19. Aturan ini sempat diberlakukan setelah ditemukannya mutasi virus corona di beberapa negara.

Dikutip dari Arab News, pencabutan larangan juga berlaku untuk jalur transportasi lain. Artinya, angkutan darat dan laut sudah bisa kembali masuk Arab Saudi seperti sebelumnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT