International Updates

China Meluncur ke Mars, AS Perintahkan Tutup Konsulat China di Houston

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 18:06 WIB
China luncurkan misi perjalanan ke Mars hari ini, Kamis (23/7/2020). Peluncuran ini dilakukan hanya beberapa setelah UEA luncurkan misi Hope menuju Planet Merah
antusiasme warga China saksikan peluncuran misi ke Mars (Foto: AP Photo)
Jakarta -

China meluncurkan misi perjalanan ke Mars pada hari Kamis (23/7/2020). Peluncuran ini bertepatan dengan misi AS yang sama, ketika kedua negara saling bersaing ke ruang angkasa.

Seperti dilansir AFP, Kamis (23/7) kedua negara mengambil keuntungan dari periode ketika Bumi dan Mars disejajarkan dengan baik untuk perjalanan singkat. Pesawat ruang angkasa AS akan lepas landas pada 30 Juli.

Misi perjalanan China ini bernama Tianwen-1 ("Pertanyaan ke Surga") - sebuah penggalan puisi klasik tentang kosmos.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (23/7/2020):

- AS Perintahkan Tutup Konsulat di Houston, China: Itu Sangat Salah!

China memberikan reaksi keras terhadap perintah Amerika Serikat (AS) untuk menutup segera Konsulat China di Houston, Texas. China menyerukan agar AS menunjukkan bukti soal tuduhan atas kesalahan China yang mendasari perintah penutupan itu.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (23/7/2020), Konsul Jenderal China di Houston, Cai Wei, menyebut perintah penutupan itu 'sangat salah' dan 'sangat merusak' hubungan kedua negara.

"Saya pikir China dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang penting dan kita harus berteman. Tidak terbayangkan bagi saya untuk melihat perang panas-dingin antara kedua negara besar seperti itu. Ini bencana bagi kedua bangsa dan juga bencana bagi seluruh dunia," ucap Cai kepada televisi lokal KTRK-TV.

- China Siap Luncurkan Misi ke Mars, Waktunya Berdekatan dengan AS

China akan segera meluncurkan misi ke Mars pada pekan ini. Peluncuran ini berdekatan dengan misi baru Amerika Serikat (AS) ke Mars yang akan diluncurkan pekan depan.

Seperti dilansir AFP, Kamis (23/7/2020), China dan AS sama-sama memanfaatkan periode waktu saat Bumi dan Mars berada dalam jarak terdekat untuk meluncurkan kendaraan luar angkasa mereka. Misi China ke Mars akan diluncurkan pada Sabtu (25/7) nanti dan AS pada 30 Juli mendatang.

Selain kedua negara itu, Uni Emirat Arab telah terlebih dulu meluncurkan misi ke Mars pada awal pekan ini. Namun kompetisi sengit yang akan dipantau terjadi antara AS dan China, yang berupaya keras untuk menyamai supremasi AS di luar angkasa.

- Rekor! Hampir 68 Ribu Orang Positif Corona di Brasil dalam Sehari

Brasil mencatat rekor jumlah kasus harian infeksi virus Corona pada Rabu (22/7) waktu setempat, dengan hampir 68.000 kasus. Pertanda bahwa COVID-19 masih jauh dari terkendali di negara yang terpukul parah akibat pandemi Corona itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2