China Luncurkan Misi ke Mars, Para Insinyur dan Karyawan Bersorak

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 15:30 WIB
Tianwen-1 yang diluncurkan China (AFP Photo)
Foto: Tianwen-1 yang diluncurkan China (AFP Photo)
Beijing -

China meluncurkan misi perjalanan ke Mars pada hari Kamis (23/7/2020). Peluncuran ini bertepatan dengan misi AS yang sama, ketika kedua negara saling bersaing ke ruang angkasa.

Seperti dilansir AFP, Kamis (23/7) kedua negara mengambil keuntungan dari periode ketika Bumi dan Mars disejajarkan dengan baik untuk perjalanan singkat. Pesawat ruang angkasa AS akan lepas landas pada 30 Juli.

Misi perjalanan China ini bernama Tianwen-1 ("Pertanyaan ke Surga") - sebuah penggalan puisi klasik tentang kosmos.

Para insinyur dan karyawan lainnya bersorak di lokasi peluncuran di pulau selatan Hainan, ketika misi perjalanan diluncurkan ke langit di atas Long March 5 - roket ruang angkasa terbesar di China.

Komandan situs Zhang Xueyu menyatakan misi tersebut berhasil. Tianwen-1 seberat lima ton itu diharapkan tiba di Mars pada Februari 2021 setelah tujuh bulan, 55 juta kilometer (34 juta mil) perjalanan.

Misi tersebut mencakup pengorbit Mars, pendarat, dan penjelajah yang akan mempelajari tanah planet ini.

"Sebagai percobaan pertama untuk China, saya tidak berharap untuk melakukan sesuatu yang signifikan di luar apa yang telah dilakukan AS," kata Jonathan McDowell, seorang astronom di Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian.

Tonton video 'China Siap Luncurkan Misi ke Mars Tahun Ini':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2