Terpopuler Sepekan

Hagia Sophia Ubah Status Jadi Masjid Bikin Kecewa, Erdogan Janji Terbuka

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 14:20 WIB
Pengadilan Turki menyetujui fungsi bangunan Hagia Sophia diubah dari museum menjadi masjid. Umat Islam di Turki dapat melangsungkan salat mulai 24 Juli 2020.
Foto: Hagia Sophia yang kini menjadi masjid (Getty Images)
Turki -

Pemerintah Turki telah mengubah status Hagia Sophia menjadi masjid pada Jumat (10/7). Keputusan Turki ini memicu kekecewaan. Namun, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memastikan Hagia Sophia akan tetap terbuka untuk publik.

Seperti dilansir dari AFP, Senin (13/6/2020), pengadilan tinggi Turki memutuskan pada hari Jumat (10/7) waktu setempat, bahwa konversi Hagia Sophia menjadi museum pada 1934 adalah melanggar hukum. Keputusan itu membatalkan keputusan kabinet Turki tahun 1934 dan memutuskan Hagia Sophia harus dibuka kembali untuk ibadah muslim.

Bangunan yang awalnya katedral dan berubah jadi masjid ini pun dicantumkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sebagai 'Area Bersejarah Istanbul'.

"Prasasti ini memerlukan sejumlah komitmen dan kewajiban hukum," kata juru bicara UNESCO kepada AFP.

UNESCO mengungkapkan bahwa tak ada komunikasi atau pemberitahuan apapun dari pemerintah Turki terkait dengan peresmian Hagia Sophia menjadi sebuah masjid. UNESCO memperingatkan bahwa penetapan Hagia Sophia sebagai masjid berisiko merusak sifat universal bangunan tersebut sebagai tempat terbuka bagi semua peradaban, sebagai sebuah museum. Hal ini menjadi salah satu aspek inti dari sebuah situs warisan dunia.

"Kami menyerukan pihak berwenang Turki untuk memulai dialog sebelum keputusan diambil dapat merusak nilai universal situs," ungkap UNESCO.

Menurut UNESCO, pihaknya pun telah menyampaikan protesnya secara resmi kepada duta besar Turki untuk UNESCO.

Sementara itu, Uni Eropa dan Turki memiliki pandangan yang berseberangan atas keputusan mengubah status Hagia Sophia, dari museum menjadi masjid, kata pejabat tinggi kebijakan luar negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell pada Senin (13/07).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3