Tentang 4 Menteri Jokowi di Persiapan Pernikahan Kaesang

ADVERTISEMENT

Tentang 4 Menteri Jokowi di Persiapan Pernikahan Kaesang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 07:25 WIB
Gladi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (27/11/2022).
Foto: Geladi pernikahan Kaesang-Erina Gudono di Solo (Tara Wahyu NV/detikJateng)
Jakarta -

Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina S Gudono tinggal menghitung hari. Sejumlah menteri di pemerintahan Presiden Jokowi pun ikut mempersiapkan jelang hari bahagia Kaesang dan Erina Gudono.

Dirangkum detikcom, Senin (28/11/2022), ada empat menteri yang ikut mempersiapkan pernikahan Kaesang dan Erina Gudono. Mereka adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Kaesang dan Erina dikabarkan akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman pada 10 Desember 2022 pukul 13.00 WIB. Kemudian, acara Ngunduh Mantu akan berlangsung di Pura Mangkunegaran, Solo pada Minggu, 11 Desember 2022.

Luhut Temani Kaesang ke Rumah Erina

Momen Luhut menemani Kaesang ke rumah Erina itu terjadi pada Minggu, 23 Oktober lalu. Kala itu, Kaesang ditemani Luhut datang ke kediaman Erina di Purwosari, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.

Kedatangan Kaesang Pangarep untuk membicarakan pernikahannya dengan Erina Gudono, yang rencananya digelar pada Desember nanti. Gibran sebelumnya menegaskan Luhut tidak terlibat dalam panitia pernikahan Kaesang dan Erina.

"Nggak (bukan panitia), mungkin ngepasi tugas saja, terus mampir (mungkin saat itu sedang tugas saja, lalu mampir)," ucap Gibran, Sabtu (29/10).

"Kok Pak Luhut to? Menteri barang dadi panitia (Menteri kok jadi panitia)," imbuh Gibran.

Luhut Buka Suara

Luhut pun buka suara soal kehadirannya menemani putra bungsu Jokowi itu ke rumah kekasihnya, Erina Gudono. Luhut menjelaskan kedatangannya untuk melihat lokasi.

"Saya? Saya itu anu (datang) kan ada kejuaraan atletik," kata Luhut seusai acara #DemiIndonesia di Ciputra Artpreneur Theatre Jakarta, Sabtu (29/10).

"Dan kebetulan saya mau melihat daerah situ, ya karena itu kan nanti ada midodareni," sambungnya.

Budi Karya hingga Erick Thohir Ikut Geladi

Terbaru, geladi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dilakukan di Puro Mangkunegaran, Solo, Minggu (27/11) pagi. Sejumlah menteri hadir dalam acara gladi kotor yang dilakukan dari Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, hingga ke Puro Mangkunegaran itu.

Dikutip dari detikJateng, geladi tidak diikuti oleh calon pengantin, yakni Kaesang dan Erina. Namun tampak ada tiga menteri, yakni Erick Thohir, Budi Karya Sumadi, dan Bahlil Lahadalia, serta sejumlah personel Paspampers dalam kegiatan tersebut.

Selama perjalanan dari Loji Gandrung ke Puro Mangkunegaran, rombongan menggunakan kereta kencana. Sebanyak 6 kereta kencana digunakan dalam simulasi itu.

Kereta kencana pertama dinaiki oleh Erick Thohir dan Budi Karya, sedangkan Bahlil Lahadalia terlihat menaiki sepeda lipat. Kereta kencana itu melaju hingga perempatan Ngarsopuro dan selanjutnya mereka berjalan kaki dari Ngarsoupuro hingga ke dalam Puro Mangkunegaran.

Rombongan para menteri itu tampak melakukan koordinasi di dalam Puro Mangkunegaran. Dari halaman lokasi parkir, tempat transit, halaman Puro Mangkunegaran, hingga Pendapa Ageng Puro Mangkunegaran. Dia menjelaskan geladi tersebut dilakukan agar saat kegiatan berlangsung nantinya masyarakat tidak terganggu.

"Jadi alhamdulillah hari ini, ngunduh mantu kan di Loji Gandrung semua acara di sana baru naik kereta ke sini (Puro Mangkunegaran)," kata Erick setelah meninjau di Puro Mangkunegaran.

Simak video 'Sederet Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono':

[Gambas:Video 20detik]



Erick Thohir anggap Kaesang seperti keponakannya sendiri. Baca di halaman berikutnya>>



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT