2 Status Tersangka untuk Siti Usai Pinjol Jerat Ratusan Mahasiswa

ADVERTISEMENT

2 Status Tersangka untuk Siti Usai Pinjol Jerat Ratusan Mahasiswa

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 08:44 WIB
Polisi menggiring tersangka kasus penipuan investasi bodong saat rilis di Polres Bogor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/11/2022). Polres Bogor berhasil menangkap perempuan berinisial SAN tersangka penipuan investasi bodong yang membuat 317 mahasiswa  di Bogor terlilit pinjaman online dengan total uang yang diterima tersangka melalui transaksi korban dari aplikasi pinjol mencapai Rp2,3 miliar. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Siti Aisyah saat ditampilkan ke publik dalam pengungkapan kasus penipuan yang bikin mahasiswa IPB terjerat pinjol. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Bogor -

Siti Aisyah Nasution (SAN) diduga menipu ratusan mahasiswa di Bogor, Jawa Barat (Jabar). Siti kini menyandang dua status tersangka atas kasus yang sama.

Aksi tipu-tipu yang dilakukan Siti Aisyah membuat ratusan mahasiswa tersebut mengalami kerugian miliaran rupiah. Terbaru, Siti ditetapkan tersangka penipuan oleh Polresta Bogor Kota.

"Prosesnya lanjut. (Siti) sudah ditetapkan jadi tersangka," kata Wakapolresta Bogor Kota AKBP Ferdy Irawan, Kamis (24/11/2022).

Saat ini Polresta Bogor Kota masih berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk pemeriksaan lanjutan terhadap SAN. Untuk diketahui, Siti sebelumnya ditetapkan tersangka oleh Polres Bogor.

Polresta Bogor Kota belum memastikan berapa jumlah korban yang membuat laporan ke pihaknya atau ke Polres Bogor. Data korban masih didalami seiring penyidikan kasus dilakukan.

"Kita akan koordinasi dengan Kabupaten Bogor, kan masing-masing ada pelapornya nih, kita akan lihat berapa sebenarnya yang melapor di wilayah Kabupaten Bogor, berapa yang di Kota Bogor, semua akan berjalan bersamaan," kata Ferdy.

Dia memastikan penyidik akan mendalami kasus penipuan termasuk jumlah mahasiswa yang menjadi korban.

"Kan korbannya banyak, tersangkanya akan menjalankan, pertanggungjawabkan semuanya," kata Ferdy.

Jadi Tersangka di Polres Bogor

Sebelumnya, Siti ditetapkan sebagai tersangka di Polres Bogor. Dalam kasus ini, para korban melapor ke Polres Bogor dan Polresta Bogor Kota.

Siti ditangkap Satreskrim Polres Bogor pada Kamis (17/11). Seusai pemeriksaan, ia langsung ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan dan dijerat dengan Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan.

"Dari fakta hukum yang diperoleh penyidik dalam proses penyidikan yang dilakukan, kami sudah menetapkan satu orang tersangka atas nama SAN dengan persangkaan Pasal 372 dan Pasal 378 KUHP dengan ancaman pidana 4 tahun penjara," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin saat jumpa pers, Jumat (18/11).

331 Mahasiswa Jadi Korban

Diketahui, kasus pinjol Siti Aisyah Nasution ditangani Polres Bogor dan Polresta Bogor Kota karena para korban melapor kepada dua pihak tersebut.

Data sementara, ada 317 orang dengan total kerugian mencapai Rp 3,2 miliar. Siti dilaporkan ke Polresta Bogor Kota sejak 5 Oktober lalu.

Ratusan mahasiswa tersebut berasal dari beberapa universitas di Bogor termasuk IPB. Dilaporkan ada 116 mahasiswa IPB jadi korban Siti.

Simak video 'Polisi Beberkan Modus Penipu Ratusan Mahasiswa IPB':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT