Demo Sengketa Lahan Tol Jatikarya Berujung Macet di Mana-mana

ADVERTISEMENT

Demo Sengketa Lahan Tol Jatikarya Berujung Macet di Mana-mana

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 21:09 WIB
Kemacetan parah di Jl Transyogi mengular hingga ke exit Tol Cibubur imbas demo di Tol Jatikarya, Rabu (9/11/2022) malam.
Kemacetan parah di Jl Transyogi mengular hingga ke exit Tol Cibubur imbas demo di Tol Jatikarya, Rabu (9/11/2022) malam. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kemacetan parah sempat terjadi di Jl Tansyogi hingga ke ruas Tol Jagorawi, tepatnya di Gerbang Tol (GT) Cibubur. Kemacetan hingga berjam-jam itu merupakan imbas demo warga di Tol Jatikarya Bekasi.

Warga demo di Tol Jatikarya, pada Rabu (9/11/2022) sore hingga malam hari. Massa demo memblokade pintu Tol Jatikarya yang mengarah ke Bekasi dan Cimanggis.

Demonstrasi warga ini mengakibatkan arus lalu lintas di kawasan Cibubur macet total. Kendaraan terkunci hingga tak bisa bergerak.

Warga Blokade Pintu Tol Jatikarya

Kapolsek Jatisampurna Iptu Santri Dirga mengatakan kemacetan terjadi karena ada pengalihan arus lalu lintas lantaran pintu Tol Jatikarya diblokade warga.

"Karena ada pengalihan arus lalu lintas. Tol kan ditutup (warga) dari jam 4 sore sampai jam 7 malam," kata Dirga saat dihubungi detikcom, Kamis (10/11).

"Semua kendaraan dialihkan lewat pintu Tol Cibubur, karena Jatikarya tutup," tambahnya.

Pintu Tol Jatikarya baru dibuka kembali sekitar pukul 19.00 WIB setelah polisi mengimbau pedemo agar membubarkan diri.

"Begitu tol (Jatikarya) dibuka, kendaraan langsung tumpah," imbuhnya.


Warga Tuntut Ganti Rugi

Iptu Dirga mengungkapkan tuntutan warga demo adalah meminta pencairan dana konsinyasi. Diketahui, sengketa lahan Jatikarya ini sudah terjadi sejak 2021.

Beberapa waktu lalu, warga juga pernah melakukan demo hingga menutup pintu Tol Jatikarya. Dirga mengatakan warga demo menuntut pencairan dana konsinyasi yang tak kunjung dibayarkan.

"Menuntut pencairan dana konsinyasi," kata Dirga.

Dihubungi terpisah, manajemen PT Cimanggis Cibitung Tollways menyampaikan tuntutan demo warga di ruas Tol Cimanggis-Cibitung pada Rabu (9/11) kemarin tersebut. Menurut pihak manajemen PT Cimanggis-Cibitung Tollways selaku pengelola jalan Tol JORR 2 menyampaikan uang ganti rugi tersebut telah dititipkan di pengadilan.

"Warga menuntut pencairan uang ganti kerugian atas lahan yang terkena pembangunan jalan tol, di mana uangnya sudah dititipkan di pengadilan," ujar manajemen dalam keterangannya.

Baca di halaman selanjutnya: kemacetan terjadi di mana-mana imbas demo Tol Jatikarya.

Simak juga 'Viral Aksi Warga Buka Paksa Pintu Tol Bekasi, Loloskan Mobil-mobil':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT