Demo Tol Jatikarya yang Berulang hingga Bikin Macet di Mana-mana

ADVERTISEMENT

Demo Tol Jatikarya yang Berulang hingga Bikin Macet di Mana-mana

Mei Amelia R, Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 11:41 WIB
Polisi melakukan persuasi kepada sejumlah warga yang melakukan pemblokiran Tol Cimanggis-Cibitung saat berunjuk rasa di Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/6/2022). Mereka menuntut Badan Pertahanan Nasional segera memberikan surat pengantar  untuk menyelesaikan pembayaran uang konsinyasi atas penggunaan tanah untuk Tol Cimanggis-Cibitung di daerah Jatikarya seluas 4,2 hektare yang belum dibayar selama 25 tahun. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.
Pemblokadean Tol Cimanggis-Cibitung saat warga berunjuk rasa di Jatikarya, Bekasi, Jawa Barat, pernah terjadi pada Rabu (29/6/2022). (ANTARA/ Fakhri Hermasyah)
Jakarta -

Kemacetan parah terjadi di Jalan Transyogi hingga ke dalam Tol Jagorawi, tepatnya memasuki GT Cibubur, tadi malam. Kemacetan parah terjadi imbas demo di Tol Jatikarya, Bekasi.

Demo warga berlangsung pada Rabu (9/11) sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Warga memblokade pintu Tol Jatikarya di kedua sisi sehingga mengakibatkan arus lalu lintas di kawasan Cibubur terkunci selama berjam-jam.

Kapolsek Jatisampurna Iptu Santri Dirga mengatakan kemacetan terjadi karena ada pengalihan arus lalu lintas lantaran pintu Tol Jatikarya diblokade warga.

"Karena ada pengalihan arus lalu lintas. Tol kan ditutup (warga) dari jam 4 sore sampai jam 7 malam," kata Dirga saat dihubungi detikcom, Kamis (10/11/2022).

"Semua kendaraan dialihkan lewat pintu Tol Cibubur, karena Jatikarya tutup," tambahnya.

Pintu Tol Jatikarya baru dibuka kembali sekitar pukul 19.00 WIB setelah polisi mengimbau pendemo membubarkan diri.

"Begitu Tol (Jatikarya) dibuka, kendaraan langsung tumpah," imbuhnya.

Tuntutan Massa Demo

Demo di Tol Jatikarya ini bukan sekali ini terjadi. Beberapa bulan lalu warga sempat demo di Tol Jatikarya hingga menutup gerbang tol.

Dirga mengatakan warga demo menuntut pencairan dana konsinyasi yang tak kunjung dibayarkan.

"Menuntut pencairan dana konsinyasi," kata Dirga.

Mengantisipasi kemacetan, Polsek Jatisampurna mengerahkan sejumlah personel di Tol Jatikarya hingga Simpang Plaza Cibubur.

"Titiknya di simpang Tol Jatikarya dan Simpang Plaza Cibubur," kata Dirga.

Ia mengatakan personel yang dikerahkan dari Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Kota. Mereka akan merapat ke Jatisampurna untuk mengantisipasi kemacetan.

"Melakukan pengaturan lalu lintas," kata Dirga.

Simak video 'Exit Tol Cibubur Macet Parah, Penumpang Pilih Jalan Kaki':

[Gambas:Video 20detik]



Simak cerita warga terjebak macet di Tol Cibubur, di halaman selanjutnya....



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT