Penjelasan Waskita soal Demo di Tol Jatikarya Bikin Macet ke Mana-mana

ADVERTISEMENT

Penjelasan Waskita soal Demo di Tol Jatikarya Bikin Macet ke Mana-mana

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 12:26 WIB
Kemacetan parah di Jl Transyogi mengular hingga ke exit Tol Cibubur imbas demo di Tol Jatikarya, Rabu (9/11/2022) malam.
Kemacetan parah di Jl Transyogi mengular hingga ke exit Tol Cibubur imbas demo di Tol Jatikarya, Rabu (9/11/2022) malam. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Waskita Toll Road selaku pengelola Jalan Tol Cimanggis-Cibitung buka suara terkait demo warga di Tol Jatikarya. Demo yang mengakibatkan macet ke mana-mana pada malam tadi itu dilakukan oleh ahli waris terkait sengketa lahan di Jatikarya.

"Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, segmen Cimanggis Junction-On/Off Ramp Jatikarya, pada pukul 16.35 WIB terjadi aksi penutupan jalur oleh warga ahli waris terkait sengketa lahan Jatikarya," ujar Sekretaris Waskita Toll Road, Alex Siwu, dalam keterangannya, Kamis (10/11/2022).

Penutupan dilakukan di dua jalur, yaitu arah Tol Jagorawi dan Cijago menuju Jalan Transyogi, serta arah Tol Jatikarya menuju Jakarta. Pada pukul 18.45 WIB, Rabu (9/11), kedua jalur tersebut baru dibuka.

"Penutupan dilakukan baik di jalur A (arah Jagorawi/Cijago menuju Transyogi) maupun Jalur B (arah Jatikarya menuju Jakarta), sehingga terdapat kepadatan lalu lintas di Tol Jagorawi yang mengarah Cibubur akibat pengalihan arus lalu lintas. Sampai pukul 18.45 WIB, kedua arah jalur A dan B ruas Tol Cimanggis-Cibitung sudah dibuka dan sudah dapat dilalui kembali oleh pengguna jalan," jelasnya.

Waskita menyampaikan permintaan maaf atas kemacetan yang timbul imbas demo di Tol Jatikarya tersebut.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, tetap hati-hati dalam berkendara serta ikuti rambu-rambu dan arahan dari petugas di lapangan," tambahnya.

Warga Blokade Tol Jatikarya

Diketahui, Kapolsek Jatisampurna Iptu Santri Dirga mengatakan kemacetan terjadi karena ada pengalihan arus lalu lintas lantaran pintu Tol Jatikarya diblokade warga.

"Karena ada pengalihan arus lalu lintas. Tol kan ditutup (warga) dari jam 4 sore sampai jam 7 malam," kata Dirga saat dihubungi.

"Karena semua kendaraan dialihkan lewat pintu Tol Cibubur, karena Jatikarya tutup," tambahnya.

Pintu Tol Jatikarya baru dibuka kembali sekitar pukul 19.00 WIB setelah polisi mengimbau pedemo untuk membubarkan diri.

"Begitu tol (Jatikarya) dibuka, kendaraan langsung tumpah," imbuhnya.

Simak video 'Exit Tol Cibubur Macet Parah, Penumpang Pilih Jalan Kaki':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya: cerita warga terjebak macet gara-gara demo di Tol Jatikarya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT