Pedagang Lenggang Monas Belum Tahu soal Relokasi ke Dekat Stasiun Gambir

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Pedagang Lenggang Monas Belum Tahu soal Relokasi ke Dekat Stasiun Gambir

Mulia Budi - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 15:10 WIB
Kondisi pedagang Lenggang Jakarta di area jualan sementara di Monas, Jakarta.
Pedagang Lenggang Jakarta yang jadi korban kebakaran, berjualan di area sementara. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pemrov DKI Jakarta berencana memindahkan para pedagang Lenggang Jakarta, Monas, yang jadi korban kebakaran, ke dekat Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Para pedagang saat ini masih berjualan di Plaza Monas.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (3/10/2022), pukul 14.20 WIB, para pedagang Lenggang tampak masih berjualan di Plaza Monas. Lokasi itu tak jauh dari kios para pedagang yang sebelumnya terbakar.

Salah satu pedagang Lenggang IRTI Monas, Hendi, mengaku belum mengetahui rencana relokasi ke dekat Stasiun Gambir tersebut. Dia mengatakan dirinya setuju dengan lokasi relokasi di Gambir asalkan parkiran wisata Monas juga dipindah.

"Kalau dari pedagang sih belum dengar kalau perpindahan ke Gambir, cuma nggak tahu kalau dari panitia," kata Hendi saat ditemui di IRTI Monas.

"Kalau menurut saya ya kalau parkiraannya pindah ke Gambir ya mending di Gambir, kan otomatis yang mau ke Monas kan di Gambir tempat parkirnya," tambahnya.

Hal senada diungkapkan pedagang lainnya bernama Rosandi. Dia mengaku belum mengetahui rencana relokasi pedagang Lenggang ke dekat Stasiun Gambir.

"Belum tahu soal itu," kata Rosandi.

Dia menuturkan dirinya tak sepenuhnya setuju dengan lokasi relokasi tersebut. Dia mengaku lebih senang berjualan di kawasan Monas lantaran lebih ramai pengunjung.

"Ya mendingan di sini aja sih ramean, kecuali kalau pintu di sini udah mau ditutup baru pindah lagi," ucapnya.

Kemudian, manajer Koperasi Pedagang Wisata Monas (Koptanas) Usman juga mengaku belum mengetahui rencana relokasi para pedagang ke Gambir. Menurut Usman, rencana Pemprov DKI Jakarta memindahkan para pedagang Lenggang ke dekat Stasiun Gambir adalah program lama.

"Sejauh ini belum pernah ada informasi terkait relokasi di dekat Stasiun Gambir atau yang lain," kata Manajer Koptanas Usman.

"Kalau yang itu setahu saya dulu perencanaannya tapi udah nggak jadi, itu perencanaan kalau nggak salah 2018/2019 berbarengan dengan parkiran di bawah tanah yang sayembaranya udah dimenangkan oleh salah satu pihak tapi udah dibatalkan udah nggak jadi," tuturnya.

Usman menyebut rencana relokasi pedagang ke wilayah Gambir itu belum jelas. Menurutnya, belum ada pembahasan dari Pemrov dengan para pedagang terkait lokasi relokasi tersebut.

"Ya kalau dari saya, kami anggap belum jelas karena sejauh ini belum pernah ada pembahasan perencanaan tersebut," lanjutnya.

Pemprov DKI berencana pindahkan pedagang ke Gambir. Simak di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT