Uji Coba Buka Monas Dimulai, Pedagang Harap Penghasilan Meningkat

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Uji Coba Buka Monas Dimulai, Pedagang Harap Penghasilan Meningkat

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 14:04 WIB
Pedagang korban kebakaran Lenggang Jakarta mulai kembali berjualan, Kamis (2/6/2022).
Pedagang Lenggang Jakarta Monas berdagang di lokasi relokasi sementara (Annisa Rizky Fadhila/detikcom).
Jakarta -

Pedagang Lenggang Jakarta menyebut saat ini ada uji coba pembukaan Monas. Pedagang berharap kondisi ini bisa memperbaiki kondisi usai terjadi kebakaran di area Kios Lenggang Jakarta.

"Hari ini kita udah uji coba buka Monas untuk umum. Buka jam 8 pagi tadi, kurang lebih nanti tutup pukul 4 sore," kata salah satu pedagang Lenggang Jakarta Usman, saat dihubungi, Kamis (16/6/2022).

"Mungkin, untuk beberapa minggu ke depan, ada evaluasi. Lihat keadaan mau bagaimana, gimananya," ujarnya.

Sementara itu, pedagang Lenggang Jakarta lainnya, Dapit Wibisono, menyebut sudah ada komunikasi antara pemerintah dengan pihak pedagang.

"Pemerintah sudah berkomunikasi dengan pedagang Lenggang Jakarta Monas melalui jajarannya prihal untuk kesiapan dibukakannya kembali kawasan wisata Monas," kata Dapit, saat dihubungi terpisah.

"Prokes, jalur masuk dan keluar para wisatawan juga sudah kita koordinasi dengan berbagai pihak," ujarnya.

Dapit senang akhirnya Monas kembali dibuka, dia berharap, usai uji coba selesai, Monas kembali dibuka seperti biasa seperti sebelum pandemi virus Corona (COVID-19).

"Harapan saya, untuk rencana tersebut tolong segera direalisasikan, dan hidupkan kembali pariwisata dan perekonomian UMKM-nya dan juga ciptakan kolaborasi yang positif antara pemerintah dengan para binaan UMKM (pedagang Monas)," katanya.

Soal perbaikan area Lenggang Jakarta yang tebakar, Dapit menyebut belum mendapat kejelasan kapan Lenggang Jakarta akan diperbaiki. Pedagang kini menempati arena relokasi sementara.

"Untuk saat ini masih belum. Masih dalam proses," kataya.

Monas Dibuka

Pemprov DKI Jakarta memulai uji coba pembukaan kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) mulai hari ini. Pengelola mengizinkan pengunjung mengakses kawasan Monas secara terbatas usai ditutup selama 2 tahun.

"Boleh. Iya, tapi memang masih dibatasi waktu. Cuman kita hari ini masih trial and error," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas, Muhammad Isa Sarnuri, saat dimintai konfirmasi pada Kamis (16/6/2022).

Isa mengatakan pembukaan Monas bakal dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, pengunjung belum boleh masuk sampai ke dalam Tugu Monas.

"Sementara ini yang dibuka baru kawasan, itu juga masih dibatasi. Di luar Tugu Monas." jelasnya.

Operasional kawasan Monas dimulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Pengunjung bisa masuk melalui pintu Lenggang Jakarta di dekat IRTI Monas.

"Hanya pintu Lenggang yang dibuka. Nanti ada 2 pintu, pintu masuk sama keluar," ujarnya.

(aik/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT