ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Pemprov DKI Akan Pindahkan Pedagang Kios Lenggang ke Dekat Gambir

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 00:48 WIB
Pedagang korban kebakaran Lenggang Jakarta, Monas, mulai membangun kios di tempat relokasi sementara.Selasa (24/5/2022).
Foto: Pedagang kios Lenggang (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta berencana memindahkan pedagang kios Lenggang di IRTI Monas, Jakarta Pusat ke sisi Timur kawasan Monas. Adapun, area ini berdekatan dengan Stasiun Gambir.

"Karena ke depan pedagang tempatnya bukan di situ, nanti akan dekat Stasiun Gambir. Sisi timur (Monas)," kata Kepala Dinas PPKUMKM DKI Jakarta Elizabeth Ratu saat dikonfirmasi, Minggu (11/9/2022).

Ratu menuturkan, sekitar 290 pedagang akan dipindahkan ke lokasi baru. Kendati begitu, dia mengakui relokasi pedagang kios Lenggang tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kita tunggu tahun depan," ujarnya.

Sementara ini, pedagang korban kebakaran kios Lenggang telah mendirikan penampungan sementara di sekitar Plaza Monas. Penampungan sementara itu didirikan oleh koperasi pedagang setempat.

"Mereka sudah ada semacam penampungan yang diinisiasi dari koperasi itu sendiri untuk mereka berusaha," jelasnya.

Seperti diketahui, kebakaran di kawasan IRTI Monas pada Kamis, 31 Maret 2022, menghanguskan ratusan kios Lenggang. Hasil penyelidikan polisi mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut ternyata disengaja.

Dari hasil Labfor, ditemukan titik awal api di kios Dasril Lubis. Dari hasil analisis CCTV, polisi menetapkan seorang tersangka.

(taa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT