ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Evaluasi Pembukaan Monas, Kaji Operasional Sampai Malam

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 10:52 WIB
Apakah Monas sudah buka? Pemprov DKI Jakarta menyatakan bahwa Monas akan segera dibuka kembali mulai pekan ini. Monas sempat tutup karena pandemi COVID-19.
Ilustrasi Monas. (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta tengah mengevaluasi pembukaan kawasan Monumen Nasional (Monas) dalam 2 minggu terakhir. Pemprov DKI juga mengkaji perpanjangan operasional Monas hingga malam hari.

"Kita melihat hasil evaluasi selama 2 minggu kemudian dilihat perkembangannya," kata Kepala Unit Pengelola Kawasan Monas Disparekraf DKI Jakarta Muhammad Isa Sarnuri saat dihubungi, Rabu (29/6/2022).

"PPKM kita masih level 1, jadi nanti ada kajiannya. Kalau situasinya memungkinkan dan dianggap sudah oke maka akan diperpanjang semua nanti, akan diperluas. Nanti bertahap," sambungnya.

Sebagai informasi, saat ini Monas hanya beroperasi pukul 06.00-16.00 WIB. Selain itu, pengunjung belum boleh masuk sampai ke dalam Tugu Monas.

Isa mengatakan pihaknya juga mempertimbangkan perkembangan kasus COVID-19 di Jakarta sebelum membuka Monas secara bertahap. Selain perpanjangan jam operasional, pihaknya berencana membuka Tugu Monas.

"Nanti Tugu Monas di buka, nanti jam operasional lagi yang ditambah," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Pedagang Lenggang Jakarta, kawasan IRTI Monas, Jakarta Pusat, berharap Monas kembali beroperasi sampai malam. Sampai saat ini, belum diketahui kapan Monas akan buka seperti sebelum masa pandemi.

"Belum (dibuka sampai malam), kan masih tahap uji coba," kata salah satu pedagang di Monas Dapit, saat dihubungi, Selasa (28/6/2022).

Dapit Wibisono, pihak pedagang, mengaku masih menunggu kepastian kapan Monas akan dibuka. Dibukanya Monas sampai malam disebut bakal meningkatkan pedagang di Lenggang Jakarta, khususnya korban kebakaran kios.

"Belum ada (kepastian), kita juga masih menunggu kabar itu. Lagi pula, Monas statusnya sudah berubah dari uji coba menjadi
tidak lagi masa uji coba, pastinya buka sampai malam lagi, dan seperti sedia kala," Katanya.

Pedagang lain, Usman, mengatakan sampai saat ini jam operasional Monas masih seperti kemarin: masa uji coba. Dia pun belum tahu dengan jelas kapan Monas akan dibuka lagi.

Simak Video 'Melihat Hasil Revitalisasi Monas yang Kini Dibanggakan Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT