Curhat Soleh Solihun Kena Pungli di Samsat Berujung Petugas Ditindak

ADVERTISEMENT

Curhat Soleh Solihun Kena Pungli di Samsat Berujung Petugas Ditindak

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 07:49 WIB
Jakarta -

Komika Soleh Solihun mengungkapkan pengalamannya melakukan perpanjangan STNK di Samsat Jakarta Selatan melalui akun media sosial. Soleh Solihun tak menyadari dirinya kena pungli petugas saat melakukan cek fisik kendaraan.

Soleh Solihun awalnya menceritakan pengalamannya memperpanjang STNk di Samsat Jakarta Selatan. Awalnya, Soleh Solihun ingin memberikan informasi kepada followers tentang tahapan perpanjangan STNK 5 tahunan.

Dalam cuitannya di akun Twitter @solehsolihun, Soleh Solihun menceritakan dirinya memperpanjang STNK 5 tahunan motor di Samsat Jakarta Selatan pada Selasa (27/9). Soleh Solihun menjelaskan tahapan-tahapan dalam proses perpanjangan STNK 5 tahunan.

"Perpanjang STNK 5 tahunan. Jam 8 pagi sampe Samsat di Polda Metro, langsung cek fisik. bayar 30 ribu. Setelah cek fisik, motor diparkir, saya tunggu di ruang ini. jam 8.13, berkas diterima. Lanjut lantai 4," demikian kicauan Soleh Solihun di akun Twitter, Selasa (27/9/2022).

Cuitan Soleh Solihun di akun Twitternya itu sontak mendapatkan balasan dari followers-nya yang memberitahunya bahwa hal itu merupakan pungli. Riuhnya cuitan Soleh Solihun ini membuat Kanit Samsat Jakarta Selatan AKP Mulyono turun langsung dan meminta maaf kepada Soleh Solihun.

AKP Mulyono juga memastikan oknum petugas yang meminta uang kepadanya itu diberhentikan. Tak hanya itu, kini di loket cek fisik kendaraan dipasangi banner pengumuman 'Proses Cek Fisik Tidak Dipungut Biaya'.

Soleh Solihun Tak Tahu Cek Fisik Gratis

Soleh Solihun mengungkapkan dirinya diminta uang oleh oknum petugas berinisial AS ketika cek fisik kendaraan. Karena tak tahu bahwa cek fisik kendaraan gratis, Soleh Solihun pun memberikan uang kepada petugas.

"Biayanya Rp 30 ribu. Udah nggak perlu bayar apa-apa lagi. Ya sudah langsung saya bayar. Saya juga nggak nanya apa-apa lagi," ujar Soleh Solihun sambil menirukan ucapan oknum petugas, ketika dihubungi detikcom, Rabu (28/9/2022).

Tujuan Cuit soal Perpanjang STNK

Soleh Solihun mengaku dirinya tidak mengetahui apabila cek fisik kendaraan gratis. Cek fisik kendaraan merupakan salah satu proses yang harus dilewati pemohon ketika memperpanjang STNK 5 tahunan.

Tetapi kemudian, cuitannya itu direspons followers-nya yang memberitahunya bahwa hal itu merupakan pungli. Soleh Solihun pun menjelaskan cuitannya itu tadinya hanya untuk memberikan informasi soal perpanjangan STNK, bukan untuk mengkritik.

"(Cuitan di Twitter) bukan mau mengkritik atau apa. Itu karena saya pikir emang biayanya Rp 30 ribu. Setelah ditwit saya baru tahu bahwa itu gratis," jelas Soleh.


Baca di halaman selanjutnya: Kanit Samsat Jaksel AKP Mulyono meminta maaf....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT