Duduk Perkara Soleh Solihun Kena Pungli di Samsat Jaksel

ADVERTISEMENT

Duduk Perkara Soleh Solihun Kena Pungli di Samsat Jaksel

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 12:31 WIB
Soleh Solihun kala berkunjung dalam rangka media visit film Mau Jadi Apa?.
Soleh Solihun (Asep Syaifullah/detikcom)
Jakarta -

Komika Soleh Solihun menjadi korban pungutan liar (pungli) saat melakukan cek fisik kendaraan di Samsat Jakarta Selatan yang berada di Polda Metro Jaya. Soleh Solihun sendiri awalnya tak tahu jika cek fisik kendaraan tidak dikenai biaya alias gratis.

"Saya nggak tahu (cek fisik gratis)," kata Soleh Solihun saat dihubungi detikcom, Rabu (28/9/2022).

Soleh Solihun menjelaskan dirinya mencuit soal perpanjangan STNK di Samsat Jakarta Selatan tujuannya hanya untuk memberikan informasi. Menurut Soleh Solihun, proses perpanjangan STNK juga terbilang cepat.

"Saya ngetwit kemarin itu tadinya emang mau berbagi info soal ngurus perpanjangan STNK 5 tahunan. Makanya saya tulis bayar Rp 30 ribu," katanya.

Soleh Solihun melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan sendiri di Samsat Polda Metro Jaya. Ia mengikuti tahapan-tahapan dalam proses tersebut.

Saat akan mengambil pelat nomor kendaraan, Soleh Solihun mengaku dimintai uang oleh oknum petugas. Soleh Solihun memberikan uang tersebut karena mengira memang ada biayanya.

"Biayanya Rp 30 ribu. Udah nggak perlu bayar apa-apa lagi. Ya sudah langsung saya bayar. Saya juga nggak nanya apa-apa lagi," terang Soleh.

Tak Tahu Cek Fisik Gratis

Soleh Solihun baru mengetahui jika cek fisik kendaraan gratis setelah cuitannya itu direspons oleh followres. Sejumlah followersnya menyebutkan bahwa tak ada biaya cek fisik alias gratis.

"(Cuitan di Twitter) bukan mau mengkritik atau apa. Itu karena saya pikir emang biayanya Rp 30 ribu. Setelah ditwit saya baru tahu bahwa itu gratis," jelas Soleh.

Kanit Samsat Jaksel Minta Maaf

Soleh Solihun sendiri sudah pulang ke rumahnya setelah perpanjangan STNK tersebut pada Selasa (27/9) kemarin. Setelah itu, barulah Soleh Solihun dihubungi Kanit Samsat Jakarta Selatan AKP Mulyono menghubunginya.

AKP Mulyono memberikan klarifikasi kepada Soleh Solihun terkait kejadian itu. AKP Mulyono juga meminta maaf secara langsung kepadanya atas ulah oknum tersebut.

"Pak mulyono minta maaf dan bilang bahwa si pelaku bertindak tanpa perintah atasan dan bahwa dia bukan petugas polisi. Pak Mulyono juga setelah twit saya tersiar, dia ngecek ke semua petugas loket apakah ada yang minta bayaran atau tidak," katanya.

"Pak Mulyono nyuruh uangnya dikembalikan ke saya. Petugas cek fisik kan pekerja harian yang memang bukan anggota kepolisian. Uangnya saya ikhlaskan pas dia mau ngasih uangnya ke saya, saya bilang udah simpen aja," tambah Soleh.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....

Simak Video 'Curhat Soleh Solihun Kena Pungli saat Perpanjang STNK':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT