Viral Kisah Soleh Solihun, Loket Cek Fisik Kini Dipasangi Banner 'Gratis'

ADVERTISEMENT

Viral Kisah Soleh Solihun, Loket Cek Fisik Kini Dipasangi Banner 'Gratis'

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 14:27 WIB
Soleh Solihun (kiri) dan Kanit Samsat Jaksel AKP Mulyono (kanan) memperlihatkan banner pengumuman cek fisik gratis di Samsat Jaksel.
Soleh Solihun (kiri) dan Kanit Samsat Jaksel AKP Mulyono (kanan) memperlihatkan banner pengumuman 'cek fisik gratis' di Samsat Jaksel. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Komika Soleh Solihun kena pungli saat melakukan cek fisik kendaraan di Samsat Jakarta Selatan. Soleh Solihun sempat menyarankan agar polisi memasang banner pengumuman bahwa cek fisik gratis.

"Ya harapan saya ke depan agar di loket cek fisik dipasang 'Cek Fisik Gratis' biar orang tahu bahwa tidak bayar," kata Soleh Solihun saat dihubungi detikcom, Rabu (28/9/2022).

Saran Soleh Solihun rupanya ditanggapi polisi. Kini terpasang banner 'Cek Fisik Gratis' di loket cek fisik kendaraan Samsat Jakarta Selatan.

"Update kisah cek fisik di samsat, sehari setelah kejadian saya bayar 30 ribu, akhirnya di lokasi cek fisik sekarang dipasang banner yang bertuliskan bahwa cek fisik tidak dipungut biaya," cuit Soleh Solihun.

Kejadian pungli cek fisik kendaraan ini terungkap setelah Soleh Solihun mencuit pengalamannya perpanjang STNK 5 tahunan di Samsat Jakarta Selatan, Selasa (27/9). Awalnya, Soleh Solihun tak tahu cek fisik kendaraan gratis.

Soleh Solihun baru tahu tak ada biaya untuk cek fisik kendaraan setelah cuitannya itu direspons oleh followers-nya. Sejumlah followers-nya bahkan mengaku pernah kena pungli serupa.

Kanit Samsat Jaksel Minta Maaf

Atas kejadian ini, Kanit Samsat Jakarta Selatan AKP Mulyono langsung menemui Soleh Solihun, tepatnya satu jam setelah ia mencuitkan kisahnya itu. Mulyono meminta maaf atas perbuatan oknum petugas.

Soleh Solihun sudah pulang ke rumahnya setelah perpanjangan STNK tersebut pada Selasa (27/9). Setelah itu, barulah Soleh Solihun dihubungi Kanit Samsat Jakarta Selatan AKP Mulyono menghubunginya.

AKP Mulyono memberikan klarifikasi kepada Soleh Solihun terkait kejadian itu. AKP Mulyono juga meminta maaf secara langsung kepadanya atas ulah oknum tersebut.

"Pak Mulyono minta maaf dan bilang bahwa si pelaku bertindak tanpa perintah atasan dan bahwa dia bukan petugas polisi. Pak Mulyono juga setelah twit saya tersiar, dia ngecek ke semua petugas loket apakah ada yang minta bayaran atau tidak," katanya.

"Pak Mulyono nyuruh uangnya dikembalikan ke saya. Petugas cek fisik kan pekerja harian yang memang bukan anggota kepolisian. Uangnya saya ikhlaskan pas dia mau ngasih uangnya ke saya. Saya bilang, udah, simpen aja," tambah Soleh.

Simak video 'Curhat Soleh Solihun Kena Pungli saat Perpanjang STNK':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT