Soleh Solihun Apresiasi Proses Cepat Urus STNK Meski Sempat Kena Pungli

ADVERTISEMENT

Soleh Solihun Apresiasi Proses Cepat Urus STNK Meski Sempat Kena Pungli

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 17:40 WIB
Soleh Solihun (kiri) dan Kanit Samsat Jaksel AKP Mulyono (kanan) memperlihatkan banner pengumuman cek fisik gratis di Samsat Jaksel.
Soleh Solihun (kiri) dan Kanit Samsat Jaksel AKP Mulyono (kanan) memperlihatkan banner pengumuman 'cek fisik gratis' di Samsat Jaksel. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Komika Soleh Solihun menjadi korban pungutan liar (pungli) saat mengurus cek fisik kendaraan di Samsat Jakarta Selatan. Namun di satu sisi, Soleh Solihun mengapresiasi proses cepat pengurusan perpanjangan STNK di lokasi tersebut.

"Oh bagus makanya saya tweet saya bilang saya masuk pukul 08.15 WIB selesai satu jam 15 menit. Secara prosedur satu jam itu selesai pelat nomor itu sampai jadi. Menurut saya cukup jelas," kata Soleh di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Soleh Solihun mengaku tidak dipersulit dalam proses perpanjangan STNK di Samsat Jakarta Selatan. Petugas pun bersikap kooperatif dan membantu proses perpanjangan STNK tersebut.

"Petugas mengarahkan gampang begitu dari sini dikasih tahu ke lantai 4 sini. Kalau saya tanya ini ke mana mereka jawab. Jadi buat saya kalau warga merasa sudah jelas prosedurnya, tidak terlalu merepotkan," jelas Soleh.

"Makanya saya bilang cepat sejam bahkan pajak tahunan bisa lebih cepat lagi cuman 15 menit. Kalau di mal pelayanan publik lama karena nunggu cek fisik, nunggu pelat nomor dibikin dulu lan. Satu jam 15 menit biasa lah ya saya nggak merasa disulitkan kemarin udah enak prosedurnya," tambah Soleh.

Saran Soleh soal Penindakan Pungli

Soleh Solihun pun turut memberikan saran perihal pengawasan pungli saat cek fisik. Sarannya berupa pemasangan spanduk dan banner informasi kegiatan cek fisik gratis.

Saran itu diberikan Soleh Solihun kepada Kanit Samsat Jakarta Selatan AKP Mulyono pada Selasa (27/9). Sehari berselang sarannya tersebut telah dijalankan kepolisian.

"Kemarin ketemu Pak Mulyono saran saya tulis ada info yang bilang cek fisik tidak dipungut biaya. Saya pikir masih lama praktiknya. Ternyata langsung sehari sebelumnya Pak Mulyono langsung bilang ini udah ditulis," kata Soleh.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT