Kelakuan Warga Cilincing Utak-atik Flashbang Berujung Ledakan

ADVERTISEMENT

Kelakuan Warga Cilincing Utak-atik Flashbang Berujung Ledakan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 06:42 WIB
Jakarta -

Rahmat (19), warga Cilincing mengalami luka akibat terkena ledakan. Insiden ini ia alami setelah mengutak-atik flashbang yang ditemukan di Jl Ternate, Cilincing, Jakarta Utara.

Flashbang itu ia bawa ke kontrakannya. Celakanya, flashbang itu meledak dan melukai dirinya saat ia mencoba mengutak-atik flashbang tersebut.

Flashbang atau granat kejut merupakan salah satu jenis granat tetapi tidak mematikan. Flashbang mengeluarkan cahaya dan asap putih dengan efek kejut.

Usut punya usut, flashbang ini ternyata milik personel Brimob. Benda tersebut terjatuh ketik dari tas perlengkapan yang dibawa personel Brimob.

Flashbang Tiba-tiba Meledak Saat Diutak-atik

Rahmat mengungkapkan granat kejut itu ia temukan di pinggir jalan pada Selasa (27/9). Ia kemudian membawanya ke kontrakannya di Kampung Kandang, Semper Barat, Cilincing, Jakarta utara.

Rahmat mengaku tak mengetahui jika benda yang ia temukan adalah sebuah granat kejut. Pada Rabu (28/9) pagi ia kemudian mencoba mengutak-atik flashbang itu.

"Awalnya saya nggak tahu kalau itu granat. Pagi-pagi pas saya utak-atik tiba-tiba meledak," kata Rahmat, seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/9/2022).

Rahmat menemukan benda diduga granat itu dalam kondisi terbungkus di pinggir jalan dekat Kawasan Berikat Nusantara (KBN). Benda yang ditemukannya itu bertuliskan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Indonesia National Police).

Pada saat itu tiba-tiba benda tersebut meledak di tangannya. Saat meledak, benda tersebut hanya mengeluarkan asap dan suara yang lebih nyaring daripada petasan.

"Mau saya ambil semua, langsung meledak aja, udah," tutur Rahmat ditemui detikcom di kediamannya, Rabu (28/9).

"Api nggak ada. Asep doang. Ya kayak bunyi-bunyi petasan, cuma dia lebih kenceng," ujar Rahmat.

Baca di halaman selanjutnya: Rahmat terluka....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT