ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Turap Antibanjir Kembangan Utara Tunggu Urusan Pembebasan Lahan 'Clear'

Mulia Budi - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 23:37 WIB
Kali Angke di Kembangan Utara yang menanti turap agar tak meluap bikin banjir lagi. Kondisi 20 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Kali Angke di Kembangan Utara yang menanti turap agar air tak meluap bikin banjir lagi. Kondisi 20 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan turap (sheet pile) antibanjir di Kembangan Utara masih harus menunggu beresnya urusan pembebasan lahan yang dimiliki salah satu warga di lokasi. Pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengusahakan agar pembangunan turap dapat segera dimulai.

"Terkait pembebasan lahan masih dalam proses dari rekan-rekan Unit Pembebasan Lahan," kata anggota Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Firmansyah, saat dimintai konfirmasi oleh detikcom, Senin (8/8/2022).

Firmansyah mengatakan kesepakatan dengan pemilik lahan di pinggiran Kali Angke di RT 7 RW 1, Kembangan Utara, itu belum tercapai. Komunikasi masih dilakukan.

"Info dari rekan-rekan, unit lahan sedang dikomunikasikan dengan pemilik lahan," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan periode waktu pengerjaan yang disebutkan berlangsung dari 25 Juli hingga 15 Desember 2022 merupakan paket pengerjaan penurapan bukan hanya untuk wilayah Kembangan Utara. Dia menyebut ada empat lokasi yang akan dikerjakan SDA selama kurun waktu tersebut.

"Lokasi dalam paket pekerjaan tersebut bukan hanya di lokasi tersebut (di Kembangan Utara). Jadi kami kerjakan dulu lokasi lainnya, paralel sambil menunggu lokasi tersebut clear. Satu paket tersebut ada beberapa lokasi, ada empat," tuturnya.

Pengerjaan pembangunan turap di Kali Angke bakal menunggu perkara pembebasan lahan rampung. Pihaknya bakal mengerjakan lokasi lain sembari menunggu kendala pembebasan lahan tersebut tuntas.

"Khusus yang di Kembangan Utara ini, kami memang menunggu sampai proses pembebasan lahannya clear," ucapnya.

Sebelumnya, rencana pembangunan turap atau sheet pile di pinggir Kali Angke, RT 7 RW 1, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat (Jakbar), masih berproses. Pengerjaan pembangunan turap antibanjir itu membutuhkan waktu sekitar lima bulan.

"Perkiraan waktu pelaksanaan 154 hari," kata Camat Kembangan, Joko Sukarno, kepada detikcom.

Turap itu perlu dibangun untuk menanggulangi luapan Kali Angke ke kawasan permukiman. Pada pertengahan Juli lalu, permukiman di sekitar kali ini terendam banjir. Warga ingin agar turap segera dibangun.

Banjir di Kembangan Utara (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)Banjir di Kembangan Utara, pertengahan Juli 2022. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)

Joko Sukarno membuka data dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. Tanggal waktu pengerjaan pembangunan turap itu terentang dari Juli sampai Desember nanti.

"(Waktu pengerjaan) 25 Juli sampai 15 Desember 2022 sesuai surat dari Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI," ujarnya. Hari ini, 8 Agustus, detikcom tidak melihat ada pengerjaan pembangunan turap di lokasi.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Barat Purwanti Suryandari mengatakan pelelangan untuk proyek pembangunan turap sudah memiliki pemenang. Dia menyebut kontrak pengejaran proyek itu juga sudah ada.

"Sudah kontrak, kontraknya ada di dinas, ya," kata Purwanti.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT