Ada Masalah Pembebasan Lahan untuk Turap Antibanjir, Titik Temu Dicari

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Ada Masalah Pembebasan Lahan untuk Turap Antibanjir, Titik Temu Dicari

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 19:01 WIB
Kali Angke di Kembangan Utara yang menanti turap agar tak meluap bikin banjir lagi. Kondisi 20 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Kali Angke di Kembangan Utara yang menanti turap agar tak meluap bikin banjir lagi. Kondisi 20 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan turap (sheet pile) Kali Angke di Kembangan Utara, Jakarta Barat (Jakbar), disebut terhambat karena kendala pembebasan lahan. Warga mengungkap pencarian titik temu permasalahan itu tengah dilakukan.

"Pada waktu itu belum ada titik temu antara si pemilik dengan Pemda DKI Jakarta, begitu. Kalau sekarang, karena dijembatani oleh pengadilan dan kejaksaan, saya dengar katanya sudah ada titik temu," kata Sekretaris RW 01, Durahim Nur, saat ditemui di lokasi, Rabu (20/7/2022).

Turap itu dibutuhkan warga setempat agar terhindar dari banjir. Pada akhir pekan kemarin, warga setempat terendam banjir. Masalah kepemilikan lahan dan ganti rugi pembebasan itu, disebut Durahim, sudah mulai dekat dengan jalan keluar.

"Pemiliknya juga sudah ketemu, tinggal pemda membayar (lahan dari pemilik). Setelah membayar, baru dilelang pekerjaan itu (proyek turap) sendiri. Jadi banyak lika-likunya," sambungnya.

Durahim mengatakan tidak tahu pasti apakah titik temu pembebasan lahan itu sudah diperoleh. Dia mengaku mendengar informasi titik temu kendala itu telah didapatkan.

"Tapi ini saya dengar sudah ada titik temu antara si pemilik dengan pemda DKI Jakarta, tinggal nunggu pembayarannya tinggal nunggu siapa pemenangnya, lelangnya itu (pengerjaan proyek turap) yang mengerjakan," ujarnya.

Dia mengatakan pembangunan turap Kali Angke sangat berpotensi menghindarkan permukiman warga dari banjir. Dia berharap penurapan kali dan pembangunan rumah pompa air segera dilakukan.

Banjir di Kembangan Utara (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)Banjir di Kembangan Utara, Minggu, 17 Juli 2022. (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang memproses pembangunan turap di Kali Angke Hulu sehingga wilayah Kembangan Utara, Jakarta Barat, bisa terbebas dari banjir.

"Sudah ada pemenang lelangnya. Kebeneran, kegiatan ada di Dinas (Sumber Daya Air)," kata Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari, saat dihubungi, Senin (19/7) lalu.

Disebut, ada sekitar 26 meter Kali Angke Hulu yang belum diturap sehingga akibatkan banjir pada Sabtu (16/7), dan Minggu (17/7). Disebut, sebelumnya ada kendala pembebasan lahan.

"Di Angke RW 01, Kembangan Utara, memang ada yang belum ditanggul karena ada kendala di pembebasan lahan," katanya.

Lihat juga video 'Pemkot Solo Sulap Sampah Jadi Pembangkit Tenaga Listrik':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT