ADVERTISEMENT

Time Line Roy Suryo Posting Meme, Hadir di Klub Mercy Lalu Ditahan Polisi

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 06 Agu 2022 11:42 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mengunjungi redaksi detiksport di Gedung Aldevco, Jakarta Selatan, Jumat (1/2). Kunjungan ini dimaksudkan untuk bersilahturahmi dan berdiskusi seputar permasalahan olahraga. File/detikFoto.
Roy Suryo (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Postingan Roy Suryo soal meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Jokowi berbuntut panjang. Roy Suryo ditetapkan sebagai tersangka di kasus postingan meme stupa Candi Borobudur itu.

Roy Suryo dijerat dengan pasal penistaan agama, hingga ujaran kebencian terhadap golongan tertentu yang mengandung unsur SARA. Sejak Jumat (5/8) malam tadi, Roy Suryo resmi ditahan di Polda Metro Jaya.

"Kemudian, setelah dilakukan pemeriksaan tadi siang (kemarin siang), penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Saudara Roy Suryo Notodiprojo, sebagai tersangka kasus ujaran kebencian ini mulai malam ini dilakukan penahanan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (6/8/2022).

Zulpan menjelaskan alasan penahanan Roy Suryo merupakan subjektivitas penyidik, salah satunya karena Roy Suryo dikhawatirkan akan melarikan diri.

"Hal ini (penahanan) dilakukan karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti dan sebagainya sebagaimana tertuang dalam Pasal 21 ayat 1 KUHAP," ujar Zulpan.

Sejumlah barang bukti diamankan polisi, di antaranya akun Twitter @KRMTRoySuryo2 dan ponsel. Roy Suryo dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45A ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 156A KUHP dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Berikut time line Roy Suryo posting meme stupa hingga ditahan polisi:

10 Juni 2022
Awal Mula Roy Suryo Posting Meme Stupa

Kasus ini bermula ketika Roy Sruyo memposting meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo, melalui akun Twitter @KRMTRoySuryo2 pada 10 Juni 2022. Roy Suryo menyematkan dua tangkapan layar yang memuat meme stupa Borobudur dengan caption sebagai berikut:

"Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR".

Postingan Roy Suryo itu kemudian mengundang reaksi netizen. Sebagian mengkritik Roy Suryo atas cuitannya itu, ada pula yang menilai cuitannya itu merupakan sebuah penistaan kepada agama.

Roy Suryo kemudian menghapus postingannya itu. Ia juga menyampaikan permintaan maaf kepada umat Buddha sambil menjelaskan bahwa dirinya tidak ada niat melecehkan umat Buddha.

Baca di halaman selanjutnya: Roy Suryo polisikan 3 akun....

Simak Video: Kilas Balik Roy Suryo Hingga Ditahan karena Meme Stupa Borobudur

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT