Disdik DKI: Tidak Ada Sekolah Negeri Paksa Siswi Pakai Jilbab

ADVERTISEMENT

Disdik DKI: Tidak Ada Sekolah Negeri Paksa Siswi Pakai Jilbab

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 03 Agu 2022 08:33 WIB
Dinas Pendidikan (Disdik DKI) Jakarta. (Mulia Budi/detikcom)
Dinas Pendidikan (Disdik DKI) Jakarta (Mulia Budi/detikcom)

Disdik DKI Lakukan Investigasi

Kepala Bidang Humas Dinas Pendidikan DKI Taga Radja Gah juga mengungkapkan hal serupa. Taga menegaskan tidak ada aturan terkait pihaknya mewajibkan penggunaan jilbab bagi siswi di sekolah negeri.

"Ada aturan Kepgub 2292 tahun 2015 itu tentang penggunaan pakaian seragam di sekolah negeri. Memang itu dijelaskan ada pengaturan penggunaan baju buat muslimah, termasuk hijab, cuma dengan pasal itu dalam keterpanggilannya," kata Taga kepada wartawan, Rabu (3/8/2022).

Taga menegaskan aturan penggunaan jilbab bukan diwajibkan untuk semua siswi di sekolah negeri. Hal tersebut disesuaikan dengan agama dan keyakinan masing-masing murid.

"Artinya itu disesuaikan dengan tingkat keyakinannya. Diatur sudah ada itu. Ditambah lagi dari Dinas Pendidikan mengatur tentang seragam sekolah," jelas Taga.

"Ya bilang wajib nggak ada, nggak ada yang mewajibkan. Kemarin juga itu bukan mewajibkan kok. Kita juga udah ngejelasin bahwa nggak mewajibkan," tambahnya.

Taga kemudian menanggapi terkait adanya aturan wajib berjilbab bagi siswi di salah satu SD negeri di wilayah Jakarta Barat. Dia mengaku pihaknya telah mengecek langsung ke sekolah tersebut.

Setelah melakukan pengecekan, tidak ada pemaksaan penggunaan jilbab oleh oknum guru atau pihak sekolah.

"Di situ nggak mewajibkan kok. Kemarin sepertinya sudah ke sana investigasi dan tidak ada pemaksaan," ujar Taga.

"Iya kan tadi saya bilang di Pergubnya itu ada diatur gitu loh. Kalau ingin menggunakan hijab silakan, kalau tidak menggunakan silakan. Artinya di sekolah negeri itu aturannya tidak berdasarkan suatu agama," sambungnya.

Simak halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT