ADVERTISEMENT

Beda 'Semut Merah' PKS dan Demokrat usai Gerindra PKB Makin Mesra

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 05:30 WIB
Pertemuan elite Gerindra dan PKB
Partai Gerindra dan PKB sepakat membangun koalisi untuk 2024. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Partai Gerindra dan PKB sepakat membangun koalisi untuk Pemilu 2024. Partai lainnya, PKS dan Partai Demokrat yang sempat mesra dengan dua partai tersebut memiliki cerita berbeda sendiri.

Kepastian koalisi Gerindra dan PKB disampaikan oleh tiap elite mereka usai pertemuan di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/6). Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebut pertemuan hari ini untuk mengakrabkan pengurus tiap partai di tingkat provinsi.

"(Pertemuan) ini adalah kelanjutan untuk mengakrabkan Partai Gerindra dan PKB di tingkat provinsi dan di tingkat DPD. Kami menyebutnya DPD, PKB menyebutnya DPW," kata Muzani kepada wartawan seusai pertemuan.

Elite tiap partai lalu ditanya apakah hubungan mereka yang terlihat makin akrab menandakan sudah sepakat membentuk koalisi. Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yang ada di lokasi kemudian menjawab.

"Koalisilah," sahut Dasco.

Sekjen Gerindra Muzani lalu menegaskan ucapan Dasco tersebut. "Koalisi antarpartai, iya nggak, Pak? Betul nggak?" ucap Muzani seraya bertanya kepada elite Gerindra dan PKB yang berada di lokasi.

Kemudian, giliran Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid yang diberi kesempatan berbicara. Jazilul menjelaskan soal koalisi.

"Yang disebut silaturahmi itu bahasa Arab, bahasa Indonesianya kerja sama, bahasa politik praktisnya koalisi," kata Jazilul.

PKS Coba Merapat ke NasDem-PD

Gerindra dan PKB sepakat membangun koalisi di Pemilu 2024. PKS yang sempat disebut 'pacaran' dengan PKB kini mencoba merapatkan diri ke Partai NasDem dan Partai Demokrat.

"Sampai sekarang PKS masih terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik lainnya, salah satunya yang saat ini intensif kami jalin adalah NasDem dan Demokrat," ujar Juru Bicara PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Jumat (1/7).

Tak lupa, Kholid turut mengucapkan selamat atas terbentuknya koalisi antara Gerindra dan PKB. Dia menilai kedua partai tersebut merupakan sahabat PKS.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga: Legalisasi Ganja Medis Demi Sang Buah Hati

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT