ADVERTISEMENT

PKB Tunggu Momentum Deklarasi Capres-cawapres Bareng Gerindra

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 19:03 WIB
Pertemuan elite Gerindra dan PKB
Foto: Anggi Muliawati/detikcom
Jakarta -

PKB mewacanakan deklarasi koalisi bareng Partai Gerindra di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan deklarasi tersebut menunggu momentum yang pas.

"Kalau waktu, itu soal momentum. Soalnya, tidak bisa direkayasa kayak melihat bulan gitu. Karena kita melihat yang lain bergerak ke mana gitu. Tidak spesifik kalau kita," kata Jazilul, yang juga pimpinan MPR RI, di kantor NasDem, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022). Jazilul bersama rombongan MPR bertandang ke kantor NasDem bertemu Surya Paloh hari ini.

Menurutnya, pemilihan di IKN akan memberikan semangat baru. "Kalau di IKN kelihatannya bagus karena kan ada semangat baru untuk melanjutkan, juga untuk memberikan pemerataan di timur," katanya.

Lebih lanjut Jazilul mengatakan deklarasi tersebut akan dilakukan ketika PKB dan Gerindra telah menyepakati nama-nama calon yang akan diusung. Dia menyebut deklarasi tersebut bersamaan dengan pengumuman nama calon presiden yang diusungnya.

"Ya mestinya begitu kalau deklarasi (bersamaan dengan pengumuman nama capres). Kok tidak ada pasangannya? Kayak yang itu," katanya.

Sebelumnya, Partai Gerindra dan PKB sepakat membangun koalisi untuk Pemilu 2024. Gerindra dan PKB menggagas koalisi hingga tingkat provinsi.

Kepastian koalisi Gerindra dan PKB disampaikan oleh tiap elite mereka seusai pertemuan di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/6) malam. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebut pertemuan itu untuk mengakrabkan pengurus tiap partai di tingkat provinsi.

"(Pertemuan) ini adalah kelanjutan untuk mengakrabkan Partai Gerindra dan PKB di tingkat provinsi dan di tingkat DPD. Kami menyebutnya DPD, PKB menyebutnya DPW," kata Muzani kepada wartawan seusai pertemuan.

Elite tiap partai lalu ditanya apakah hubungan mereka yang terlihat makin akrab menandakan sudah sepakat membentuk koalisi. Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad yang ada di lokasi kemudian menjawab.

"Koalisilah," sahut Dasco.

Sekjen Gerindra Muzani lalu menegaskan ucapan Dasco tersebut.

"Koalisi antarpartai, iya nggak, Pak? Betul nggak?" ucap Muzani seraya bertanya kepada elite Gerindra dan PKB yang berada di lokasi.

Lihat juga video 'Bambang Pacul: Kriteria Capres PDIP Ada di Tangan Bu Mega':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT