ADVERTISEMENT

Beda Versi Polisi dan Roy Suryo soal Akun @KRMTRoySuryo2 Disita

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 08:30 WIB
Roy Suryo usai diperiksa sebagai pelapor soal postingan meme stupa di Polda Metro
Roy Suryo usai diperiksa sebagai pelapor soal postingan meme stupa di Polda Metro (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kasus postingan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasuki babak baru. Terkini, pihak Polda Metro Jaya menyatakan telah menyita akun Twitter @KRMTRoySuryo2 milik Roy Suryo.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menggarap penyelidikan atas dua laporan terkait postingan meme stupa Candi Borobudur ini. Satu laporan terhadap Roy Suryo dan satu lainnya laporan Roy Suryo terhadap penyebar awal meme stupa Candi Borobudur.

Untuk kasus di mana Roy Suryo adalah sebagai terlapornya, sudah naik ke tahap penyidikan. Polisi menemukan unsur pidana terkait postingan meme stupa Candi Borobudur tersebut.

Namun, penyitaan akun @KRMTRoySuryo2 ini dibantah Roy Suryo. Roy Suryo mengatakan akunnya masih ada padanya.

"Itu hoax," kata Roy Suryo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Roy Suryo mengatakan belum ada penyitaan akun Twitter miliknya yang dilakukan oleh penyidik. Hingga saat ini akun miliknya itu masih bisa digunakannya secara normal.

"Ya nggak apa-apa saya sih senyum aja. Yang jelas saya sih akun saya masih ada," katanya.

Di sisi lain, polisi juga memulai penyelidikan atas laporan postingan meme stupa Candi Borobudur yang dilaporkan Roy Suryo sendiri,. Kamis (30/6) kemarin, polisi memeriksa Roy Suryo sebagai pelapor.

Berikut detikcom sampaikan kedudukan dua laporan di mana Roy Suryo sebagai pelapor maupun terlapor:

Laporan Terhadap Roy Suryo: Polisi Sita Akun Twitter @KRMTRoySuryo2

Polda Metro Jaya telah meningkatkan status perkara kasus postingan meme stupa Candi Borobudur yang dilaporkan oleh perwakilan umat Buddha terhadap Roy Suryo. Saat ini polisi mengaku telah melakukan penyitaan terhadap akun @KRMTRoySuryo2 demi kepentingan penyidikan.

"Iya disita. Terkait yang dia upload itu kan kemarin saya sebutkan namanya @KRTMRoySuryo2," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Zulpan mengatakan akun itu disita sebagai salah satu bukti dalam kasus tersebut. Akun Twitter milik Roy Suryo ini selanjutnya akan diperiksa secara digital forensik.

"Itu (akun) yang dia gunakan," terang Zulpan.

Baca selanjutnya: Roy Suryo diperiksa pekan depan

Simak Video 'Roy Suryo yang Lagi-lagi Dilaporkan Gegara Meme Candi Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT