ADVERTISEMENT

Polda Metro Periksa Saksi Ahli Terkait Kasus Roy Suryo Posting Meme Stupa

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 28 Jun 2022 15:58 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya melakukan gelar perkara terkait laporan terhadap Roy Suryo soal postingan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo. Polisi juga telah memintai keterangan sejumlah ahli.

"Telah dilakukan gelar perkara terkait dengan kasus ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Selasa (28/6/2022).

Zulpan menerangkan pihaknya sudah meminta keterangan dari berbagai ahli saat menyelidiki kasus tersebut. Polda Metro Jaya juga melakukan koordinasi dengan jaksa penuntut umum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

"Kemudian melakukan permintaan keterangan ahli juga sudah kita lakukan baik terhadap ahli agama, bahasa, sosiologi, hukum, siber, ahli terkait uu ITE, ahli pidana," ungkap Zulpan.

"Sudah dilakukan koordinasi juga dengan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dalam hal ini pihak jaksa penuntut umum," imbuhnya.

Selain itu, Zulpan menyebut pelapor dan sejumlah saksi akan dipanggil untuk dimintai klarifikasi. Pihaknya akan melakukan pemeriksaan forensik digital terkait kasus tersebut.

"Beberapa rencana tindak lanjut dari penyidik terkait dengan kasus ini di antaranya rekan-rekan kita penyidik akan melakukan klarifikasi terhadap pelapor. Kemudian klarifikasi terhadap saksi-saksi kemudian melakukan pemeriksaan digital forensic," papar Zulpan.

Pelapor Roy Suryo Diperiksa Polisi

Sebelumnya, pelapor Roy Suryo terkait kasus meme stupa Candi Borobudur, Kurniawan Sanotoso, hari ini mendatangi Polda Metro Kaya. Kurniawan akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik terkait kasus tersebut.

Kurniawan terpantau tiba di Polda Metro Jaya, Selasa (28/7/2022) siang ini. Dia tampak didampingi oleh pengacaranya, Herna Sutana.

Herna menyebut kliennya akan dimintai keterangan terkait kasus meme stupa Candi Borobudur yang diunggah Roy Suryo. Dalam kesempatan itu, Herna membawa satu orang saksi.

"Kita agendanya pemeriksaan pelapor dan juga saksi. Jadi kita akan kasih keterangan terkait masalah laporan dari perwakilan umat Buddha Nusantara," ucap Herna kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa (28/7).

Herna mengatakan pihaknya membawa sejumlah bukti terkait pemeriksaan tersebut. Bukti-bukti itu berupa dokumen yang soft copy dan hard copy.

"Kita akan menyajikan bukti-bukti yang kita punya yang kita dapat yang kita ketahui itu aja. Ada beberapa bukti tambahan yang kita juga sudah kumpulkan lebih lengkap lagi semua dalam bentuk hard copy dan bentuk soft copy, itu aja," jelas Herna.

Lihat video 'Roy Suryo yang Lagi-lagi Dilaporkan Gegara Meme Candi Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT