ADVERTISEMENT

Roy Suryo Menantikan Diperiksa sebagai Terlapor Kasus Meme Stupa

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 22:02 WIB
Roy Suryo usai diperiksa sebagai pelapor soal postingan meme stupa di Polda Metro
Roy Suryo setelah diperiksa sebagai pelapor soal postingan meme stupa di Polda Metro. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah menjadwalkan pemeriksaan kepada Roy Suryo sebagai terlapor dalam kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo. Roy Suryo mengaku menantikan pemeriksaan tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi dan saya sangat menunggu itu," kata Roy Suryo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Roy Suryo juga mengapresiasi proses hukum yang dijalankan kepolisian dalam kasus tersebut. Dia menyebut rencana pemanggilan kepadanya sebagai terlapor akan digunakan untuk menjelaskan duduk perkara kasus.

"Itu bisa memberikan bukti kepada masyarakat sejelas-jelasnya, seterang-terangnya kasus ini seperti apa ya. Jadi penuh hati dengan segenap kemampuan saya dan insyaallah saya akan bantu," terang Roy.

Serahkan Identitas Akun Pengunggah Pertama

Dalam kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Joko Widodo yang diunggah Roy Suryo, polisi telah menerima tiga laporan polisi. Dua laporan polisi di antaranya dengan kapasitas Roy Suryo sebagai terlapor.

Dua laporan itu dilayangkan perwakilan umat Buddha dan organisasi Dharmapala Nusantara. Pihak kepolisian menyebut dua laporan polisi dengan Roy Suryo sebagai terlapor kini telah naik ke tingkat penyidikan dan ditemukan unsur pidana.

Hari ini Roy Suryo diperiksa atas kapasitasnya sebagai pelapor. Dia melaporkan tiga akun media sosial yang dianggapnya sebagai pengunggah pertama meme stupa Candi Borobudur ke media sosial.

Tiga jam mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu diperiksa. Total, ada 18 pertanyaan yang dilayangkan penyidik.

"Jadi pertanyaan ke saya tadi lebih kepada pertanyaan tiga akun itu bener-bener saya hanya ditanyakan soal itu dan tidak ada hal yang lain yang ditanyakan," jelas Roy.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT