ADVERTISEMENT

Pekan Depan, Roy Suryo Diperiksa sebagai Terlapor Kasus Meme Stupa

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 17:21 WIB
Eks Menpora Roy Suryo diperiksa sebagai saksi pelapor atas dugaan pencemaran nama baik. Roy Suryo turut memamerkan bukti cuitan Ferdinand Hutahaean.
Roy Suryo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Polisi telah meningkatkan status laporan terhadap Roy Suryo terkait dugaan penistaan agama ke tahap penyidikan. Mantan Menpora itu akan diperiksa sebagai terlapor pada pekan depan.

"Awal minggu depan akan ada pemanggilan terhadap Roy Suryo," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Zulpan mengatakan hari ini pihaknya juga kembali memeriksa sejumlah saksi ahli. Para saksi yang diperiksa merupakan saksi ahli bahasa hingga ahli agama.

Penyidik akan mempelajari keterangan para saksi ahli tersebut. Usai merampungkan pemeriksaan saksi ahli, pemeriksaan kepada Roy Suryo baru akan dilakukan pada awal pekan depan.

Polisi Sita Akun Twitter Roy Suryo

Selain menjadwalkan pemeriksaan kepada Roy Suryo sebagai terlapor, penyidik telah menyita akun Twitter milik Roy Suryo. Akun Twitter @KRMTRoySuryo2 itu digunakan Roy Suryo untuk mengunggah meme stupa Candi Borobudur ke media sosial.

"Iya disita. Terkait yang dia upload itu kan kemarin saya sebutkan namanya @KRMTRoySuryo2," kata Zulpan.

Zulpan mengatakan akun itu disita karena dianggap sebagai salah satu bukti dalam kasus tersebut. Akun Twitter milik Roy Suryo ini kemudian akan diberikan kepada penyidik untuk diperiksa secara forensik.

"Itu (akun) yang dia gunakan," pungkas Zulpan.

Simak di halaman selanjutnya: Roy Suryo akan buktikan bahwa dirinya hanyalah korban....



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT