ADVERTISEMENT

Niat Baik Jokowi Bersama Iriana Bawa Misi Damai di Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 21:29 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi saat meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina. (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Mengenakan jaket warna biru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi berangkat menggunakan kereta dari Polandia menuju Kyiv, Ukraina. Perjalanan Jokowi bersama Ibu Negara membawa misi perdamaian di Ukraina yang dilanda perang dengan Rusia.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022), Jokowi dan Iriana beserta rombongan terbatas berangkat dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Selasa 28 Juni, sekitar pukul 21.15 waktu setempat.

Jokowi dan Iriana menggunakan kereta luar biasa yang disiapkan oleh pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu. Turut mendampingi Jokowi da Iriana antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Kunjungan Jokowi ke Ukraina dengan menggunakan kereta via Polandia dikawal sejumlah petugas. Pengawalan tak hanya dilakukan Paspampres, tapi juga otoritas setempat.

Momen Jokowi hendak naik kereta menuju Ukraina itu terlihat dalam video yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (29/6). Dalam video berdurasi 1 menit 10 detik itu, awalnya terlihat iring-iringan mobil Jokowi saat menuju Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia.

Seskab Pramono Anung dan Menlu Retno LP Marsudi berada di belakang Jokowi. Anggota Paspampres terlihat mengawal kunjungan Jokowi itu. Tak hanya itu, tampak pula petugas keamanan setempat yang turut mengawal keberangkatan Jokowi. Mereka terlihat di beberapa titik.

Akun media sosial Jokowi memposting foto saat hendak naik kereta luar biasa menuju Kyiv. Jokowi meminta doa agar misi perdamaian ini dimudahkan.

Jokowi Tiba di UkrainaJokowi tiba di Ukraina (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Hal itu disampaikan Jokowi dalam akun Instagram @jokowi seperti dilihat, Rabu (29/6). Jokowi menyatakan misi perdamaian ini dimulai dengan niat baik.

"Dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, pukul sembilan malam, saya dan rombongan terbatas berkereta menuju Kyiv, Ukraina," tulis Jokowi.

"Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan," sambung Jokowi.

Bawa Bantuan Kemanusiaan

Jokowi turut membawa bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina. Bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina itu tampak dalam foto yang dipublikasikan Biro Pers Sekretariat Presiden, Rabu (29/6).

Tampak tumpukan boks berwarna putih bertulisan 'Indonesia Humanitarian Aid to the People of Ukraine' dalam salah satu foto. Belum diketahui apa saja isi bantuan yang dibawa serta Jokowi untuk rakyat Ukraina itu.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Temani Jokowi ke Ukraina, Iriana: Dengan Bismillah, Saya Dampingi Bapak!

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT