ADVERTISEMENT

Jokowi: Semoga Perang di Ukraina Bisa Segera Dihentikan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 17:33 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina. (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap perang di Ukraina bisa segera dihentikan. Jokowi juga berharap tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

Harapan Jokowi itu disampaikan melalui akun Instagramnya, Rabu (29/6/2022). Jokowi mengunggah momen saat dirinya meninjau Apartemen Lipky yang hancur akibat perang di Kota Irpin, Ukraina.

"Kota Irpin, Ukraina. Di belakang saya ini adalah Apartemen Lipky yang hancur akibat perang. Dinding-dinding dan atapnya terkoyak oleh peluru," tulis Jokowi.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi ditemani Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin. Jokowi melihat langsung rumah-rumah dan infrastruktur kota itu yang rusak akibat perang.

"Semoga perang ini bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak," lanjut dia.

Sebelumnya, Jokowi juga mengaku sedih banyak melihat banyaknya infrastruktur dan rumah yang rusak akibat perang.

"Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak," ucap Jokowi seusai peninjauan, melalui keterangan tertulis dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022).

Jokowi berharap agar perang di Ukraina bisa segera dihentikan. Dia juga berharap tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

"Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang," ujar Jokowi.

Untuk diketahui, Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan terbatas tiba di Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50 waktu setempat. Jokowi bakal melakukan sejumlah kegiatan selama berada di Ukraina. Selain meninjau puing-puing kompleks Apartemen Lipky, Jokowi juga diagendakan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv.

Pada siang harinya, Jokowi akan ke Istana Maryinsky untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Sore harinya, Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas akan kembali ke Stasiun Central Kyiv untuk kemudian bertolak menuju ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan kereta luar biasa.

Simak Video: Jokowi Kunjungi Kota Irpin Ukraina: Sangat menyedihkan Sekali!

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT