ADVERTISEMENT

Suara dari Senayan Usai Israel Lolos Piala Dunia U-20 di Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 21:07 WIB
Petugas memeriksa dome Gedung Nusantara DPR atau Gedung Kura-Kura di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/5/2022). Sekretariat Jenderal DPR menganggarkan sebesar Rp4,5 miliar untuk perbaikan gedung tersebut. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta -

Tim nasional sepakbola Israel memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Beragam suara mencuat dari rumah wakil rakyat di Senayan, Jakarta.

Kepastian Israel meraih tiket Piala Dunia U-20 menjadi polemik di Indonesia. Apalagi kedua negara tak punya hubungan diplomatik, dengan Indonesia lebih condong mendukung kemerdekaan Palestina.

Adapun PSSI maupun pemerintah sudah menegaskan bahwa Israel akan diterima kedatangannya. Pemerintah sudah jauh-jauh hari mengantisipasi potensi lolosnya Israel ke Piala Dunia U-20 mendatang.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement dengan pemerintah tahun lalu, siapa pun yang ikut bisa datang," kata Iriawan di sela-sela latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (23/6).

"Ini sepakbola, jadi nggak ada masalah. Israel tetap akan kami akomodasi. Itu terakhir kami rapat dengan pemerintah pada tahun lalu berkaitan Israel," ujarnya.

"Ya dia (Israel) tetap bisa datang bermain dan itu sudah kami bahas dari 2019, semua negara yang lolos menjadi peserta kami akan persilakan bermain," tutur Menpora Zainudin Amali di kesempatan terpisah.

"Olahraga tidak ada urusan dengan politik. Itu FIFA sudah menyampaikan siapa yang lolos harus bisa main," ucapnya.

Legislator Prediksi Sambutan Panas

Kedatangan Israel itu diprediksi bakal dapat sambutan panas dari publik Indonesia. Sebab, seperti diketahui publik Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina.

"Timnas Israel U-20 harus siap mendapatkan sambutan panas dari publik Indonesia jika bermain di sini. Seluruh dunia memantau ajang ini, dan dapat menjadi momen untuk publik dalam menunjukkan dukungan terhadap Palestina," kata anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Demokrat (PD) Rizki Natakusumah kepada wartawan, Minggu (26/6).

Rizki mengatakan selama ini sikap politik luar negeri RI mendukung kemerdekaan Palestina dari Israel. Rizki menilai hal ini tak tertutup kemungkinan bakal tercermin dalam gelagat publik di gelaran Piala Dunia U-20 nanti.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak juga Video: FIFA Cek Kesiapan Stadion Manahan Jelang Piala Dunia U-20

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT