ADVERTISEMENT

Israel ke Piala Dunia U-20 Indonesia, Legislator Prediksi Sambutan Panas

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 20:29 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Fraksin Partai Demokrat Rizki Natakusumah
Anggota Komisi I DPR Fraksi Demokrat Rizki Natakusumah. (Foto: dok. istimewa).
Jakarta -

Israel memastikan 1 tempat di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Kedatangan Israel itu diprediksi bakal dapat sambutan panas dari publik Indonesia.

"Timnas Israel U-20 harus siap mendapatkan sambutan panas dari publik Indonesia jika bermain di sini. Seluruh dunia memantau ajang ini, dan dapat menjadi momen untuk publik dalam menunjukkan dukungan terhadap Palestina," kata Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Demokrat (PD) Rizki Natakusumah kepada wartawan, Minggu (26/6/2022).

Rizki mengatakan selama ini sikap politik luar negeri RI mendukung kemerdekaan Palestina dari Israel. Rizki menilai hal ini tak tertutup kemungkinan bakal tercermin dalam gelagat publik di gelaran Piala Dunia U-20 nanti.

"Indonesia sejauh ini memiliki rekam jejak yang kuat dalam mendukung kemerdekaan Palestina dari penindasan Israel, dan bukan tidak mungkin hal ini tercermin dalam gelagat publik di Piala Dunia U-20 nanti," katanya.

Namun Rizki menekankan gelaran Piala Dunia U-20 ini merupakan acara olahraga. Dia meyakini masyarakat bijak membedakan urusan politik dengan olahraga.

"Tapi ini ajang olahraga, dan saya yakin masyarakat kita sangat cerdas dan bijak dalam membedakan politik dengan olahraga," ujar politikus PD itu.

Rizki mengatakan FIFA tak memiliki kebijakan untuk membatasi ruang gerak Israel di gelaran Piala Dunia U-20 itu. Lantas, dia menilai Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 juga tidak memiliki otoritas untuk melarang negara mana pun untuk berlaga, termasuk Israel.

"Di sisi lain, kami rasa FIFA tidak memiliki kebijakan untuk membatasi ruang gerak negara Israel atas tindakan represif mereka kepada Palestina. Sehingga Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tidak memiliki otoritas untuk melarang negara mana pun main di sini, termasuk Israel," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Israel memastikan 1 tempat di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Hal ini diraih berkat menjadi runner up fase grup dalam gelaran Euro U-19 2022.

Kepastian Israel meraih tiket Piala Dunia U-20 menjadi polemik di Indonesia. Apalagi kedua negara tak punya hubungan diplomatik, dengan Indonesia lebih condong mendukung kemerdekaan Palestina.

Adapun PSSI maupun pemerintah sudah menegaskan bahwa Israel akan diterima kedatangannya. Pemerintah sudah jauh-jauh hari mengantisipasi potensi lolosnya Israel ke Piala Dunia U-20 mendatang.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement dengan pemerintah tahun lalu, siapapun yang ikut bisa datang," kata Iriawan, di sela-sela latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (23/6).

"Ini sepakbola, jadi nggak ada masalah. Israel tetap akan kami akomodir. Itu terakhir kami rapat dengan pemerintah pada tahun lalu berkaitan Israel," ujarnya menambahkan.

"Ya dia (Israel) tetap bisa datang bermain dan itu sudah kami bahas dari 2019, semua negara yang lolos menjadi peserta kami akan persilakan bermain," tutur Menpora Zainudin Amali, di kesempatan terpisah.

"Olahraga tidak ada urusan dengan politik. Itu FIFA sudah menyampaikan siapa yang lolos harus bisa main," ucapnya.

(fca/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT