ADVERTISEMENT

Ramai Piala Dunia U-20, Ini Kisah Atlet Israel Bisa Tanding di RI

Firda Cynthia Anggrainy, Gibran Maulana - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 14:11 WIB
logo piala dunia u-20 2021 pssi
Ilustrasi (Twitter/@PSSI)
Jakarta -

Israel resmi lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Indonesia dan Israel tidak mempunyai hubungan diplomatik. Meski demikian, pernah ada cerita atlet yang membela Israel bisa bertanding di Indonesia.

Cerita atlet Israel masuk dan bisa bertanding di Indonesia diungkapkan anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi. Bobby menanggapi lolosnya Israel ke Piala Dunia U-20 2023 dengan menyatakan Indonesia sebagai tuan rumah harus menjamin keamanan seluruh tim dan ofisial karena ini sudah menjadi keputusan di sepakbola.

Bobby kemudian mengungkit kisah atlet Israel bertandang ke Tanah Air. Atlet Israel itu pernah ditolak masuk RI pada 2015, tapi akhirnya tetap dapat bertanding.

"Ini bukan pertama kalinya, pebadminton Israel Misha Zilberman pernah sempat ditolak masuk RI, tapi akhirnya bisa bertanding juga tahun 2015. Dalam IPU ke-144 di Bali Maret kemarin, juga delegasi Israel hadir," ujarnya.

Siapa Misha Zilberman?

Dalam catatan pemberitaan detikcom, Misha Zilberman merupakan pebulu tangkis yang tampil di Kejuaraan Dunia 2015 yang digelar di Istora. Zilberman merupakan pebulu tangkis kelahiran Rusia yang berkiprah di bawah panji Israel. Keikutsertaan Misha Zilberman dalam Kejuaraan Dunia 2015 di Indonesia terganjal karena tak ada hubungan diplomatik resmi.

Demi bisa mengikuti Kejuaraan Dunia, secara khusus terkait izin masuk ke Indonesia, Zilberman mengaku sudah berkorespondensi dan mengirimkan seluruh dokumen yang dibutuhkan sejak enam bulan sebelum bertanding. Pemain yang tampil untuk Israel di Olimpiade 2012 itu sudah terbang ke Singapura untuk menantikan visa masuk Indonesia, tetapi kemudian mendapatkan penolakan.

AFP melaporkan, situasi ini membuat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) turun tangan membantu Zilberman. Thomas Lund, sekjen BWF, datang langsung ke Singapura.

Zilberman pada akhirnya mendapat visa yang dibutuhkan di saat-saat terakhir dan terbang ke Jakarta pada Senin (11/8/2015).

Kiprah Zilberman di Istora hanya berlangsung 34 menit. Zilberman kandas usai ditaklukkan pemain Taiwan Hsu Jen Hao dengan skor 21-14 dan 21-14 pada Selasa (11/8/2015). Zilberman kecewa karena kalah, meskipun juga terselip rasa gembira.

"Saya mencoba untuk bermain lebih baik dari lawan. Harusnya saya melakukan adaptasi atmosfer tiga sampai empat hari di sini. Tapi walau begitu saya senang datang ke sini. Ini berarti bahwa olahraga lebih penting daripada politik. Saya pikir itu adalah kemenangan besar untuk olahraga. Semua dukungan dari pemain bulutangkis dan negara saya cukup banyak membantu," kata Zilberman dalam pernyataannya.

Pernyataan Kemlu RI

Perihal bisa atau tidaknya pesepakbola dan ofisial Israel masuk Indonesia untuk ikut Piala Dunia U-20 2023, juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI), Teuku Faizasyah, berbicara soal posisi negara sebagai tuan rumah suatu ajang internasional.

"Kalau melihat preseden, untuk event internasional yang diselenggarakan di Indonesia dan Indonesia sebatas sebagai tuan rumah, contohnya pertemuan IPU (Inter-Parliamentary Union) yang baru lalu, kesertaannya dimungkinkan karena undangan berasal dari pihak ketiga atau badan-badan internasional. Untuk event bola dunia pengundang adalah FIFA," ujar Faizasyah saat dimintai konfirmasi, Senin (27/6/2022).

Faizasyah tidak menjelaskan detail apakah pemain Timnas Israel bisa masuk atau tidak ke wilayah Indonesia. Dia mengatakan ada proses keimigrasian yang menentukan bisa tidaknya seseorang masuk ke wilayah Indonesia.

"Untuk masuk ada proses keimigrasian," ujarnya.

(gbr/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT