ADVERTISEMENT

Bisakah Pemain Israel Masuk RI untuk Piala Dunia U-20? Kemlu Jawab Begini

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 11:33 WIB
Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah.
Jubir Kemlu Teuku Faizasyah (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Timnas Israel dipastikan lolos Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia. Lalu, bisakah para pemain timnas Israel masuk ke RI meski tak ada hubungan diplomatik di antara kedua negara?

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) Teuku Faizasyah bicara soal posisi Indonesia sebagai tuan rumah suatu event internasional. Dia kemudian memberi contoh saat Indonesia menjadi tuan rumah salah satu event internasional.

"Kalau melihat preseden, untuk event internasional yang diselenggarakan di Indonesia dan Indonesia sebatas sebagai tuan rumah, contohnya pertemuan IPU (Inter-Parliamentary Union) yang baru lalu, kesertaannya dimungkinkan karena undangan berasal dari pihak ketiga atau badan-badan internasional. Untuk event bola dunia pengundang adalah FIFA," ujar Faizasyah saat dimintai konfirmasi, Senin (27/6/2022).

Sebagai informasi, perwakilan dari parlemen Israel hadir dalam IPU yang digelar di Bali pada Maret lalu. Parlemen Israel memang menjadi anggota dari IPU.

Kembali ke Faizasyah. Dia tak menjelaskan detail apakah pemain Timnas Israel bisa masuk ke wilayah Indonesia atau tidak. Dia mengatakan ada proses keimigrasian yang menentukan bisa tidaknya seseorang masuk ke wilayah Indonesia.

"Untuk masuk ada proses keimigrasian," ucapnya.

Sebelumnya, Israel memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Hal ini diraih berkat menjadi runner up fase grup dalam gelaran Euro U-19 2022.

Pada laga terakhir Grup B Euro U-19, Israel sebenarnya kalah 0-1 dari Inggris, Sabtu (25/6). Gol semata Inggris dicetak oleh Liam Rory Delap, putra dari Rory Delap.

Israel lolos karena pesaing mereka, yakni Serbia, malah kalah di pertandingan terakhir. Serbia dikalahkan Austria dengan skor 2-3 dalam laga terakhir Grup B lainnya.

Alhasil, Israel tetap di posisi kedua Grup B dengan torehan 4 poin. Sementara Serbia yang sempat berpotensi menyalip Israel, malah tergusur Austria (3 poin) ke peringkat buncit dengan hanya meraih 1 angka saja. Piala Dunia U-20 bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Lihat juga video 'FIFA Cek Kesiapan Stadion Manahan Jelang Piala Dunia U-20':

[Gambas:Video 20detik]

(haf/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT