Korupsi LNG Pertamina: Dulu Disentil Ahok Kini Diusut KPK

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 15:53 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Kasus dugaan korupsi gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) di Pertamina (PT PTMN) tengah diusut KPK. Sebelum diusut KPK, kasus itu pernah disentil langsung oleh Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Plt juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan bahwa KPK telah memulai penyidikan kasus dugaan korupsi LNG di Pertamina. KPK juga telah menetapkan tersangka kasus ini.

"Benar ya, jadi memang berdasarkan pengumpulan, serangkaian kegiatan, pengumpulan bahan keterangan. Kemudian, kami melakukan proses penyelidikan dan ditemukan peristiwa pidana korupsi," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Kamis (23/6/2022).

"Sehingga, kemudian kami menaikkan perkara ini pada tahap penyidikan, yaitu atas dugaan korupsi terkait dengan pengadaan liquefied natural gas atau LNG di PT PTMN tahun 2011 tahun 2021," sambung Ali.

Namun Ali belum menyebut siapa tersangka dalam kasus ini. Ali mengatakan penyidik terus melakukan penyidikan.

"Ke depan tentu kami masih terus melakukan pengumpulan bukti-bukti. Sekali lagi, kami belum bisa sampaikan siapa yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Tapi prinsipnya tentu, karena ini adalah proses penyidikan, pasti kami sudah ada nama tersangkanya," ujar Ali.

"Tetapi secara teknis kami terus mengumpulkan bukti-bukti dahulu, kemudian nanti kami umumkan secara resmi siapa tersangkanya," lanjutnya.

Ali menyebut KPK telah memeriksa sebanyak 15 orang dalam kasus ini. Saksi-saksi ini terdiri atas karyawan di Pertamina.

Ali juga belum menjelaskan terkait detail perkara. Dia mengatakan tersangka dan konstruksi perkara akan disampaikan dalam konferensi pers.

"Namun demikian, tentu perlu juga kami sampaikan, terkait dengan siapa yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini, kemudian nanti konstruksi perkaranya seperti apa, pasal-pasal yang diterapkan, tentu kami nanti akan sampaikan pada saatnya setelah pengumpulan dan bukti-bukti ini cukup ya, kemudian kami lakukan upaya paksa penahanan terhadap tersangka yang dimaksud," tuturnya.

Lihat juga video 'Firli Minta Penjabat Jauhi Korupsi: Kalau Tidak, Siap-siap Ditangkap!':

[Gambas:Video 20detik]



Ahok pernah ungkap dugaan korupsi LNG Pertamina, simak di halaman selanjutnya: