Terlarang Semua soal Khilafatul Muslimin Sebab Sudah Jelas Menyimpang

ADVERTISEMENT

Terlarang Semua soal Khilafatul Muslimin Sebab Sudah Jelas Menyimpang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Jun 2022 07:31 WIB
Pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja, ditangkap Ditreskrimum Polda Metro Jaya di Lampung. Abdul Qadir akhirnya tiba di Polda Metro Jaya sore ini.
Pimpinan tertinggi Khilafatl Muslimin, Abdul Qadir Baraja ditangkap polisi. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Aparat kepolisian melakukan penindakan terhadap organisasi Khilafatul Muslimin di sejumlah daerah. Menyusul setelah pimpinan tertinggi, Abdul Qadir Hasan Baraja, sejumlah tokoh sentral Khilafatul Muslimin di beberapa daerah juga ditangkap.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan Khilafatul Muslimin melakukan kejahatan yang menentang pemerintahan yang sah. Khilafatul Muslimin bergerak melakukan kejahatan secara tersembunyi tanpa disadari oleh korbannya.

"Senyatanya ormas ini telah membangun struktur pemerintahan, membangun suatu sistem kewarganegaraan dan susunan kemasyarakatan, sistem pendidikan, sistem pertukaran barang dan jasa, yang keseluruhannya mengerucut pada adanya situasi yang menunjukkan adanya negara dalam negara," jelas Irjen Fadil dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/6).

Polisi menegaskan seluruh kegiatan organisasi Khilafatul Muslimin dilarang. Bahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan Khilafatul Muslimin adalah organisasi yang menyimpang.


Wapres Nyatakan Khilafatul Muslimin Menyimpang

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan Khilafatul Muslimin telah menyimpang. Ma'ruf menegaskan kelompok Khilafatul Muslimin menyimpang dari falsafah bangsa.

"Saya kira sudah jelas, responsnya itu dia itu menyimpang karena kita di Indonesia itu sudah ada kesepakatan, kesepakatan nasional bahwa negara kita itu negara republik, NKRI, itu sudah final," kata Ma'ruf kepada wartawan seperti dalam rekaman audio yang diberikan Setwares, Rabu (22/6/2022).

Dengan begitu, kegiatan Khilafatul Muslimin harus dihentikan. Akan tetapi anggota Khilafatul Muslimin perlu direhabilitasi agar kembali kepada pedoman bangsa.

"Karena itu terpaksa dihentikan, dilakukan juga... kalau kegiatannya terus disetop, tentu mereka yang apa namanya itu diperbaiki, direhabilitasi," tutur Ma'ruf.

Baca di halaman selanjutnya: polisi larang seluruh kegiatan berbau Khilafatul Muslimin.

Simak Video 'Muhammadiyah Pastikan Anggotanya Tak Terlibat Khilafatul Muslimin':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT