ADVERTISEMENT

Anggota DPR Sesalkan Roy Suryo Retweet Meme Stupa, Singgung Pakar Kepleset

Mochamad Zhacky - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 01:21 WIB
Ahmad Rizki Sadig
Ahmad Rizki Sadig (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Tindakan Roy Suryo me-retweet meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi menuai polemik. Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Rizki Sadig menyayangkan tindakan Roy Suryo.

"Hal ini jelas sangat disayangkan, apalagi Roy Suryo adalah pakar telematika yang kerap menjadi narasumber yang mengajak masyarakat bijak dalam bermedia sosial," kata Rizki dalam keterangannya, Jumat (17/6/2022).

Rizki menganggap tindakan Roy Suryo me-retweet postingan meme stupa candi mirip wajah Jokowi itu mengandung unsur provokasi. Apalagi, sebut politikus PAN itu, meme tersebut menyeret-nyeret Presiden Jokowi dan ada unsur keagamaan di dalamnya.

"Ingat, stupa pada Candi Borobudur ini mengandung unsur keagamaan. Tentu ini akan menyakiti perasaan saudara kita yang beragama Buddha," ucap Rizki.

"Belum lagi sosok Presiden yang merupakan orang nomor satu di Indonesia. Unggahan ini jelas tidak menunjukkan sikap kenegarawanan," imbuhnya.

Rizki menyampaikan polemik meme stupa ini menjadi pelajaran bagi semua pihak, untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Terlebih kisruh meme ini sampai masuk ke ranah hukum.

"Seorang pakar telematika saja bisa kepleset sendiri, apalagi kita. Jangan sampai unggahan kita malah mengandung unsur provokasi yang mengganggu kerukunan antar sesama warga negara," kata anggota DPR dapil Jawa Timur VI itu.

"Saya mengimbau kepada netizen Indonesia agar tidak menyebarkan informasi hoax, khususnya capture berita maupun gambar yang di dalamnya telah diedit sehingga mengandung makna yang provokatif. Ayo bijak bermedsos," pungkas Rizki.

Diberitakan sebelumnya, Roy Suryo sudah meminta maaf atas tindakannya me-retweet postingan meme stupa Candi Borobudur, yang diedit mirip wajah Jokowi. Roy mengaku berniat meminta maaf langsung kepada Dharmapala Nusantara selaku komunitas umat Buddha.

"Saya kebetulan memang belum dapat nomor dari Wu (Ketua Dharmapala Nusantara Kevin Wu). Kalau ada, saya juga ingin menyampaikan klarifikasindan sekaligus dengan rasa tanggung jawab saya yang besar,ndengan sepenuh hati yang paling dalam, saya minta maaf kepada semua umat Buddha atau masyarakat yang mungkin terkena imbasnya," kata Roy Suryo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/6).

Roy Suryo mengaku tidak punya niat melecehkan umat Buddha dengan postingannya itu. Roy Suryo juga sudah menghapus postingan-nya itu setelah menyadari malah menimbulkan polemik.

"Gara-gara ada provokasi dan tidak ada satu niat pun saya melakukan itu. Sekali lagi kepada semua umat Buddha, memang saya akui ketika itu terjadi, saya memang menyesal juga karena ini sudah mencederai sebagian dari masyarakat Indonesia terutama umat Buddha," jelasnya.

Simak Video 'Roy Suryo Diminta Klarifikasi Resmi soal Unggahan Meme Stupa Mirip Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT