ADVERTISEMENT

Roy Suryo Ungkap Alasan Retweet Meme Stupa: Buzzer Malah Giring Opini

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 20:29 WIB
Eks Menpora Roy Suryo diperiksa sebagai saksi pelapor atas dugaan pencemaran nama baik. Roy Suryo turut memamerkan bukti cuitan Ferdinand Hutahaean.
Roy Suryo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Postingan Roy Suryo soal meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Jokowi di akun Twitternya menimbulkan polemik. Roy Suryo mengungkapkan alasannya me-retweet meme patung Buddha Candi Borobudur itu.

"Kenapa saya ikut (me-retweet), justru supaya ketahuan siapa-siapa mereka. Kalau saya tidak melakukan mungkin mereka mereka enggak akan kena juga, karena nggak ada respons, nggak ada perhatian," kata Roy saat dihubungi wartawan, Jumat (17/6/2022).

Roy Suryo telah menghapus postingannya itu. Ia beralasan menghapus postingannya itu sebagai bentuk pertanggungjawabannya.

Roy Suryo menjelaskan dirinya me-retweet meme stupa Candi Borobudur itu untuk mengkritisi kenaikan tarif tiket ke Candi Borobudur. Tetapi, menurutnya, buzzer malah menggiring opini seakan-akan dialah yang mengedit stupa Candi Borobudur itu.

"Cuitan saya tentang kenaikan tarif tiket Borobudur, tapi kemudian sudah ada beberapa netizen yang mengunggah meme jauh jauh hari. Kemudian dibelokkan," kata dia.

"Seolah-olah saya digiring saya mengedit. Itu awalnya begitu para buzzer. Tapi sekarang orang sudah ngerti oh bukan Roy Suryo yang ngedit meme. Tapi Roy Suryo ikut mempublikasikan, yowis. Yuk kita ikuti saja," tambahnya.

Belakangan, setelah postingannya itu menimbulkan kegaduhan, Roy Suryo melapor ke polisi. Ia melaporkan 3 akun yang pertama kali menyebar meme stupa Candi Borobudur.

Roy Suryo tidak menjelaskan akun apa saja yang menyebarkan meme itu. Tetapi, kata dia, akun itu kini sudah dihapus.

"Beberapa dari mereka sudah hilang, sudah menghapus juga cuitannya dan tidak tanggung jawab," tuturnya.

Simak video 'Laporan Ditolak, Dharmapala Nusantara Tetap Kawal Kasus Roy Suryo':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT