ADVERTISEMENT

Roy Suryo soal Meme Stupa Borobudur: Yang Saya Sampaikan Kan Ringan

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 15:52 WIB
Jakarta -

Unggahan Roy Suryo soal meme patung Buddha Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo menuai polemik. Sebagai pakar telematika, lantas apakah Roy Suryo sudah memahami konsekuensi UU ITE atas postingannya itu?

Roy Suryo awalnya menjelaskan me-retweet meme tersebut pada Jumat (10/6) lalu. Mumpung weekend, katanya, Roy Suryo tidak memposting hal yang berat-berat di akun Twitternya itu.

"Makanya seminggu yang lalu persis, itu kan saya awali dengan kalimat 'mumpung ini weekend kita yang ringan saja'. Yang ringan itu artinya, dipikirkan dengan ringan, nggak usah dipikir terlalu berat," kata Roy Suryo saat dihubungi detikcom, Jumat (17/6/2022).

Menurut Roy Suryo, meme yang ia posting adalah hal yang ringan saja. Ia pun beralasan tidak melakukan pengeditan atas gambar meme stupa Candi Borobudur itu.

"Yang saya sampaikan kan ringan, tentang meme. Yang saya posting itu tidak saya edit sedikit pun. Orangnya saya tampilkan utuh, namanya juga ada," katanya.

Roy lantas mengibaratkan, jika dirinya dipolisikan karena hal tersebut, artinya semua orang yang melakukan tindakan serupa juga harus dipolisikan.

"Jadi ibaratnya seperti orang mem-forward. Kalau itu terjadi, berarti semua orang yang melakukan forward terhadap gambar itu harus dilaporkan semua, termasuk orang-orang yang mengomentari akun saya dan me-reply akun saya yang ada stupa itu, kan otomatis juga harus dilaporkan semua," ujarnya.

Baca lebih lengkap penjelasan Roy Suryo di halaman selanjutnya....

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT