ADVERTISEMENT

Mobil Pejabat Terobos Busway, Polisi Jangan Ragu Tindak Arogansi Pelat 'RF'

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 09:35 WIB
Polisi tilang mobil Fortuner pelat RF yang menerobos busway di Jaksel.
Polisi menilang mobil Fortuner pelat 'RF' yang menerobos busway di Jaksel. Mobil tersebut ternyata milik pejabat di kementerian. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menilang mobil Toyota Fortuner berpelat B-1497-RFY yang viral menerobos busway di Ragunan, Jakarta Selatan. Penindakan terhadap mobil pejabat tersebut merupakan bukti polisi tak pandang bulu dalam menindak arogansi penggunaan pelat 'dewa'.

"Ini menjadi pembelajaran bagi kita semua, khususnya kepada masyarakat yang memiliki pelat nomor khusus dan rahasia ini agar mematuhi lalu lintas. Karena kami tidak pandang bulu. Setiap pelanggaran pasti akan kita laksanakan penindakan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Rabu (15/6/2022).

Penertiban terhadap pelat 'RF' ini menjadi salah satu prioritas polisi dalam Operasi Patuh Jaya 2022. Operasi Patuh digelar sejak 13 Juni hingga 26 Juni 2022.

"Khususnya pada saat Operasi Patuh Jaya 2022 ini justru kendaraan yang menggunakan pelat khusus dan rahasia tersebut kita akan laksanakan penertiban," imbuh Sambodo.

Seperti diketahui, mobil pejabat yang menerobos busway telah ditilang polisi. Tidak hanya itu, polisi juga mencabut tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) nopol rahasia 'RF' pada mobil tersebut. Ini artinya, pemilik kendaraan tidak boleh menggunakan pelat 'RF' tersebut dan TNKB kendaraan kembali ke pelat aslinya.

Polda Metro Jaya juga menindak anggota yang 'meloloskan' mobil pejabat saat menerobos busway tersebut. Sanksi diberikan kepada anggota tersebut agar menjadi perhatian supaya personel yang lain tidak usah ragu-ragu menindak pelat 'dewa' yang melanggar aturan.

"Dalam video tersebut terdapat anggota di ujung ini (jalan). Yang bersangkutan juga sudah kita laksanakan peneguran secara tertulis. Ini merupakan tindakan buat yang bersangkutan dan juga menjadi pelajaran bagi anggota untuk tidak usah ragu-ragu melakukan penindakan terhadap pelat khusus," tegas Sambodo.

Baca di halaman berikutnya: tak ada keistimewaan bagi pelat 'dewa'.

Simak Video 'Aksi Fortuner Plat 'RF' Terobos Busway Berujung Diciduk Polisi':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT