ADVERTISEMENT

6 Fakta Box Girder Kereta Cepat Sempat Diviralkan 'Becakayu Amblas'

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 07:04 WIB
Penampakan box girder kereta cepat yang diviralkan Tol Becakayu ambruk.
Pemasangan box girder di atas Jembatan Antelope yang kemudian diviralkan bahwa sekarang udah jadi juragan. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Unggahan video menampilkan beton girder box 'nempel' di atas jembatan, viral di media sosial. Video yang dinarasikan 'Tol Becakayu amblas' ini dipastikan hoax.

Faktanya beton tersebut adalah girder box kereta cepat Jakarta-Bandung, bukan Tol Becakayu. Pemasangan girder box kereta cepat Jakarta-Bandung yang melintang di atas Jembatan Antilope, Pondok Gede, Kota Bekasi, itu pun dipastikan tidak mengalami penurunan dan sesuai standar teknis.

Hanya saja, ketinggian antara Jembatan Antilope dengan beton girder box yang hanya 1,7 meter membuat seolah-olah beton itu ambruk, padahal tidak. Jembatan Antilope ini sendiri nantinya akan dibongkar.

"Udah turun ya, ini dalam proses nih. Mobil Innova yang terbaru nggak bisa lewat, kalau Avanza masih bisa," ujar perekam dalam video yang kemudian dinarasikan 'Tol Becakayu amblas' itu, seperti dilihat detikcom, Selasa (14/6).

Dalam video tersebut terlihat sejumlah pekerja berada di lokasi tersebut. Kepala para pekerja hampir mengenai box girder.


Berikut fakta-fakta box girder kereta cepat yang sempat diviralkan 'Tol Becakayu amblas' yang kami rangkum sebagai berikut:

1) Bukan Tol Becakayu tapi Box Girder Kereta Cepat

Kepala Bidang Bina Marga Kota Bekasi, Idi Susanto, menjelaskan box girder yang diviralkan 'Tol Becakayu amblas' itu merupakan bagian dari pekerjaan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Pekerjaan tersebut berada di atas Jembatan Antilope, Jatiasih, Pondok Gede, Kota Bekasi.

"Jadi gini, itu kan Jembatan Antilope ya, nah itu kena pekerjaan KCIC. Jembatan nantinya udah nggak bisa dipakai soalnya tingginya tinggal 1,7 meter. Terus sebenarnya kita dari Pemkot dan KCIC pekerjaan di lokasi situ nunggu jembatan penggantinya selesai dulu. Nah, jembatan pengganti selesai di akhir Juli," jelas Idi saat dihubungi detikcom, Selasa (14/6).

Jembatan Antilope atau dikenal juga dengan Jembatan Curug ini berada di sekitar Km 5 Tol Jakarta-Cikampek. Selama ini warga menggunakan akses Jembatan Antilope sebagai jalur alternatif bagi warga dari Kalimalang yang akan ke Pondok Gede atau sebaliknya.

2) Jembatan Antilope Akan Dibongkar

Idi menjelaskan pemasangan box girder itu sedianya dikerjakan setelah jembatan pengganti selesai dibangun. Akan tetapi, mengingat kereta cepat ini adalah proyek nasional, sehingga Pemkot Bekasi mengizinkan pemasangan box girder tersebut meski jembatan pengganti belum selesai.

"Jadi awalnya kita dari Pemkot sama warga minta diselesaikan dulu jembatan pengganti, baru boleh kerja di situ. Tapi kan karena KCIC kan proyek nasional, strategis ya, jadi akhirnya diskusi, akhirnya kita mengizinkan," katanya.

Nantinya, Jembatan Antilope ini akan dibongkar setelah pekerjaan jembatan yang baru selesai. Diperkirakan, jembatan baru selesai akhir Juli atau awal Agustus 2022.

"Posisi kayak begitu umurnya sampai akhir bulan Juli saja karena sementara. Nanti setelah bulan Agustus itu diportal tutup habis atau dibongkar," imbuhnya.

Baca di halaman selanjutnya: Jembatan Antilope aman dilintasi kendaraan kecil.

Simak Video 'Video Tol Becakayu Amblas Hoax, Faktanya Box Girder Kereta Cepat':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT