Penculik 12 Anak Bikin Testimoni soal Klaim Eks Teroris dan Murid Bahar Smith

Mei Amelia R - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 18:26 WIB
Rizal Afif, tersangka penculikan 12 anak di Bogor hingga Jakarta.
Rizal Afif, tersangka penculikan 12 anak di Bogor hingga Jakarta. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Testimoni Rizal Afif (28), tersangka kasus penculikan 12 anak di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor, beredar di media sosial. Dalam sebuah video Afif membuat pengakuan soal klaim dirinya sebagai eks narapidana kasus terorisme (napiter) hingga podcast bersama Refly Harun.

"Saya Rizal Afif, status saya saat ini adalah tahanan Polres Bogor dalam kasus penculikan. Tujuan saya dalam testimoni ini adalah untuk memberi klarifikasi saya sebagai eks napiter atau narapidana terorisme adalah tidak benar atau bohong," ujar Rizal Afif dalam video tersebut seperti dilihat detikcom, Jumat (27/5/2022). Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin membenarkan sosok dalam video tersebut adalah Rizal Afif, tersangka kasus penculikan anak.

Dalam video berdurasi 2 menit 2 detik itu, Rizal Afif mengungkapkan awal mula kenal dengan Habib Bahar bin Smith. Afif mengaku sebagai murid Habib Bahar bin Smith.

"Bermula pada saat sebagai narapidana di Lapas Gunung Sindur, ketika itu saya bersama Habib Bahar sebagai murid beliau," kata Afif, yang mengenakan baju tahanan berwarna biru.

Rizal Afif, tersangka penculikan 12 anak di Bogor hingga Jakarta.Rizal Afif, tersangka penculikan 12 anak di Bogor hingga Jakarta. (Foto: dok Istimewa)

Rizal Afif mengaku saat itu dikenalkan Habib Bahar ke sejumlah tokoh yang datang membesuk ke Lapas Gunung Sindur. Salah satunya adalah Refly Harun.

"Saya banyak dikenalkan kepada para tokoh yang datang ke Lapas Gunung Sindur, termasuk salah satunya Saudara Refly Harun, yang saat itu membesuk Habib Bahar," katanya.

Rizal Afif mengatakan Habib Bahar pernah berpesan kepadanya agar mau bersaksi ketika bebas dari Lapas Gunung Sindur. Tujuan Habib Bahar meminta Afif memberikan kesaksian terkait dirinya itu untuk mematahkan pernyataan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

"Habib sempat berpesan kepada saya, nanti ketika saya bebas, saya akan diminta bersaksi atau berbicara bahwa Habib Bahar bin Smith tidaklah radikal dan beliau seorang yang NKRI. Hal tersebut untuk mematahkan pernyataan Pak Dudung sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," jelasnya.

Baca di halaman selanjutnya: Rizal Afif diundang ke podcast Refly Harun.

Lihat juga Video: Polisi Selamatkan Gadis yang Dibawa Kabur Sang Kekasih

[Gambas:Video 20detik]