ADVERTISEMENT

3 Pengakuan Mengejutkan Penculik 12 Bocah Ternyata Penuh Kebohongan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 08:02 WIB
Abbi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel ditangkap polisi
Abi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel, ditangkap polisi. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Abi Rizal Afif atau Rizal Afif (28), tersangka penculikan 12 bocah di Bogor, Jakarta, dan Tangerang Selatan, membuat pengakuan mengejutkan. Rizal Afif mengaku sebagai mantan narapidana terorisme (napiter) dan terlibat pengeboman Sarinah 2016, hingga mengaku sebagai murid Habib Bahar bin Smith.

Belakangan terkuak, pengakuan Rizal Afif ini penuh kebohongan. Dari data Lapas Kelas II-A Gunung Sindur, Bogor, hingga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), tidak ditemukan data atas nama Rizal Afif pernah terlibat terorisme.

Demikian halnya klaim Rizal Afif yang mengaku sebagai murid Bahar bin Smith. Klaim Rizal ini ditepis pengacara Bahar Smith, Ichwan Tuankotta.

"Iya benar, tadi sudah konfirmasi ke Lapas Gunung Sindur, itu identitas pelaku tidak ditemukan di Gunung Sindur. Jadi mungkin diduga-duga keterangan si pelaku itu tidak benar," kata Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan saat dihubungi, Jumat (13/5/2022).


Berikut pengakuan Rizal Afif yang ternyata penuh kebohongan:


1) Ngaku Eks Napiter, Dibantah Kalapas Gunung Sindur

Rizal Afif sebelumnya ditangkap polisi di Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis (12/5) sore. Rizal lalu diperiksa polisi hingga membuat pengakuan bahwa dirinya adalah eks napiter dan baru bebas dari Lapas Gunung Sindur pada Februari 2022.

"Terhadap yang bersangkutan kami masih lakukan pendalaman. Karena berdasarkan pengakuan tersangka, tersangka sudah tiga kali menjalani hukuman pidana. Dua kali (di antaranya) menjalani pidana kasus terorisme," kata Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Jl Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (12/5).

Pengakuan Rizal Afif ini dibantah Kalapas Gunung Sindur, Mujiarto. Mujiarto menegaskan nama Abi Rizal Afif tidak ada di database warga binaan pemasyarakatan (WBP).

"Bahwa berdasarkan data yang kami miliki, dapat kami sampaikan tersangka atas nama Abi Rizal Afif tidak pernah ada dan tidak pernah menjalani pidana di Lapas Khusus Kelas II-A Gunung Sindur," ujar Mujiarto dalam keterangan kepada detikcom, Jumat (13/5)

Mujiarto mengatakan ada nama yang mirip dengan Rizal Afif yang baru bebas dari Lapas Gunung Sindur. Namun ia tidak dapat memastikan apakah eks napi itu adalah orang yang sama dengan Rizal Afif.

"Ada yang bebas dari Lapas Khusus Gunung Sindur tanggal 12 Januari 2022 atas nama Muhammad Rizal alias Ijal bin Almarhum Sulaiman dengan kasus 378 (penipuan) pindahan dari Rutan Depok, kalau memang orang yang sama dengan Abi Rizal Afif. Tetapi, di data kami tidak ada atas nama Abi Rizal Afif," tutur Mujiarto.


Baca di halaman selanjutnya: Rizal Afif ngaku murid Bahar Smith.

Simak juga 'Polisi Dalami Ibu Bunuh Anak Gegara Jerat Pinjol-Cekcok dengan Suami':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT