Lift Macet di Nusantara I Gedung DPR, Staf Anggota DPR Terjebak

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 15:43 WIB
gedung DPR MPR
Gedung DPR (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Permasalahan lift di Nusantara I Gedung DPR kembali terjadi. Seorang staf anggota DPR terjebak.

Adapun yang terjebak yakni staf anggota DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman. Dia mengatakan stafnya terjebak bersama petugas kebersihan dan seorang pokja sipil.

"Ya, tadi pagi staf dokumentasi saya namanya Oky bersama cleaning service dan pokja terjebak lift," kata Habiburokhman saat dimintai konfirmasi, Selasa (17/5/2022).

Waketum Partai Gerindra itu mengatakan lift tersebut macet terjadi selama 10 menit. Namun tidak sampai anjlok seperti yang pernah dialami oleh anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Darori Wonodipuro beberapa waktu lalu.

"Nggak kebuka sekitar 10 menit tapi tidak anjlok seperti Pak Darori tempo hari," katanya.

Habiburokhman menduga lift itu macet karena tak digunakan selama beberapa pekan terakhir selama reses. Sekadar diketahui, DPR menjalani masa reses selama satu bulan belakangan sejak 14 April hingga 16 Mei 2022.

"Hari ini paripurna awal masa sidang, mungkin lift beberapa minggu nggak dipakai tiba-tiba dipakai ratusan orang," tuturnya.

Kejadian lift terganggu di gedung DPR ini sudah beberapa kali terjadi. Pada Jumat (10/12/2021) lift DPR sempat anjlok dan dialami anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Darori Wonodipuro.

Lift anjlok yang dialami Darori berada di Nusantara I, tapi lift yang berbeda dengan yang dialami staf anggota DPR F-Gerindra di atas.

Gedung Nusantara I DPR berada di sisi yang paling jauh dari Jl Jenderal Gatot Subroto. Di gedung tinggi ini, terdapat pelbagai ruangan, termasuk ruangan fraksi-fraksi.

Darori Wonodipuro masuk lift dari lantai 21. Namun kendala ada di tengah perjalanan. Ternyata, lift yang ditumpangi Darori berhenti di lantai 13.

Terakhir, pada Senin (17/1) lift DPR juga anjlok dan dialami Anggota Fraksi PAN Dian Istiqomah. Dian mengaku panik karena lift tiba-tiba turun.

Dian menceritakan dia awalnya naik menggunakan lift VIP P2, gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1), pukul 07.05 WIB. Dian saat itu hendak menuju ruangannya di lantai 20.

"Benar, pukul 07.05 saya naik lift P2, lift VIP. Ketika lift di angka lantai 5, mau menuju lantai 6, tiba-tiba lift turun ke bawah," kata Dian saat dimintai konfirmasi.

Dian menyebut ketika itu ditemani seorang petugas pamdal bernama Heri. Ketika lift tersebut turun, menurut dia, petugas pamdal tersebut sempat meminta pertolongan menggunakan alat yang berada dalam lift.

"Setelah sekitar 10 menit baru ketahuan kita di antara lantai 3 dan lantai 2. Kemudian sekitar 15 menit, alhamdulillah kami dapat dievakuasi," ucapnya.

(fca/eva)