Lift DPR Kerap Bermasalah, BURT Minta Setjen Cari Konsultan Independen

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 05:15 WIB
Gedung DPR/MPR
Gedung DPR (Dok. detik.com)
Jakarta -

Lagi-lagi legislator terjebak di lift gedung DPR. Kali ini dialami oleh anggota fraksi PAN Dian Istiqomah. Atas hal itu, Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR mengumpulkan sekretariat jenderal.

"Tadi (red-kemarin) sudah saya kumpulkan dari pihak kesekretariatan yang membidangi pemeliharaan gedung. Saya juga sudah ketemu juga dengan pihak rekanan yang mengerjakan itu, saya bilang ada apa ini kok rutin terus, apalagi ini kan gedung DPR hampir sama dengan gedung istana lah kok jadi gini," kata Wakil BURT DPR, A Bakri HM kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Bakri mengatakan ada beberapa lift yang pernah mengalami gangguan, tapi hanya satu lift yang terbilang sering terkendala. Berdasarkan informasi sementara, Bakri menyebut ada kesalahan pada alat.

"Tang sering mengalami gangguan itu lift P3, sedangkan P5, P4, P2, dan P1 itu sering juga mengalami gangguan tapi rata-rata satu kali, ternyata setelah saya panggil katanya ada satu alat yang sampai hari ini dia belum tahu kenapa selalu rusak," ujarnya.

"Namanya inverter, di dalam itu ada alat yang sering rusak, sementara dia ini termasuk pemasok satu-satunya di Indonesia, dan banyak dilakukan pekerjaan yang sama di gedung lain yang tidak pernah terjadi permasalahan, kok di gedung DPR ini ada permasalahan, apa karena konstruksi bangunan ada gangguan atau karena listrik atau apa itu belum ketemu," lanjutnya.

Untuk itu, Bakri meminta Setjen untuk mencari orang independen guna memeriksa permasalahan pada lift di DPR. Supaya bisa diketahui pasti apa yang menjadi penyebab lift di DPR sering alami gangguan.

"Oleh sebab itu, saya menginstruksikan kepada orang setjen supaya cari orang independen untuk mengecek, karena sudah sering kejadian, jadi rusak diganti rusak diganti. Nah jadi saya minta kepada kesetjenan untuk mencari konsultan yang sifatnya independen yang bisa merekomendasikan apakan lift itu kondisi konstruksi bangunannya apakah aliran listrik atau gimana," tuturnya.

Simak cerita legislator PAN terjebak di lift, di halaman berikut

Simak juga Video: Karyawan DPR Berhamburan Keluar Gedung Saat Gempa M 6,7

[Gambas:Video 20detik]