Polisi: Penculik 12 Anak Beri Keterangan Tak Benar soal Klaim 'Eks Napiter'

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 14:56 WIB
Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan
Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Pihak Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur membantah Abi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Jakarta, Bogor, dan Tangerang Selatan, sebagai eks napi teroris. Rizal Afif diduga berbohong saat memberikan keterangan kepada polisi.

"Iya benar, tadi sudah konfirmasi ke Lapas Gunung Sindur itu identitas pelaku tidak ditemukan di Gunung Sindur. Jadi mungkin diduga-duga keterangan si pelaku itu tidak benar," kata Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan saat dihubungi, Jumat (13/5/2022).

Pihak Polres Bogor juga telah berkoordinasi dengan Lapas Gunung Sindur. Diketahui Rizal tidak pernah mendekam di Lapas Gunung Sindur sebagai napi teroris.

"Iya mengaku (kepada polisi) eks napiter. Setelah kita lakukan konfirmasi ke Lapas Gunung Sindur, ternyata identitas yang bersangkutan tidak ditemukan di Lapas Gunung Sindur," terangnya.

Terkait dengan keterlibatan Rizal dalam aksi kerusuhan di Bawaslu pada 2019 dan pengeboman Sarinah 2016, polisi juga masih melakukan pendalaman.

"Ini kami juga masih melakukan pencarian, karena kembali lagi ke pengakuan tersangka," tuturnya.


Lapas Gunung Sindur Bantah

Diberitakan sebelumnya, Kalapas Gunung Sindur Mujiarto buka suara terkait pengakuan Rizal Afif ini. Mujiarto membantah bahwa Rizal Afif ini adalah mantan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Gunung Sindur.

"Bahwa berdasarkan data yang kami miliki, dapat kami sampaikan tersangka atas nama Abi Rizal Afif tidak pernah ada dan tidak pernah menjalani pidana di Lapas Khusus Kelas II A Gunung Sindur," ujar Mujiarto dalam keterangan kepada detikcom, Jumat (13/5/2022)

Mujiarto mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Bogor. Mujiarto menegaskan tidak ada nama WBP atau mantan WBP bernama Abi Rizal Afif.

(mea/mea)