Penculik 12 Anak di Jakarta-Bogor Ngaku Terlibat Bom Sarinah

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 12:21 WIB
Abbi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel ditangkap polisi
Abi Rizal Afif (28), pelaku penculikan anak di Bogor dan Jaksel, ditangkap polisi (Foto: dok. Istimewa)
Bogor -

Rizal Afif (28), pelaku penculikan 12 anak di Bogor hingga Jakarta, membuat pengakuan mengejutkan. Selain mengaku sebagai mantan narapidana terorisme, Rizal Afif mengaku terlibat dalam kasus pengeboman Sarinah 2016 dan kerusuhan di Bawaslu 21-22 Mei 2019.

"Iya, pada saat kami melakukan pemeriksaan terhadap tersangka, yang bersangkutan juga mengakui keterlibatannya di dalam kerusuhan pada 2019 di Bawaslu," kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin kepada wartawan di Mapolres Bogor, Jl Tegar Beriman, Jumat (13/5/2022).

"Pelaku juga (mengaku sebagai) perekrut bom Sarinah dan juga sudah dua kali menjalani pidana terorisme di Lapas Gunung Sindur," lanjutnya.

Namun Iman menyebut akan mendalami pengakuan tersangka tersebut. Salah satunya berkoordinasi dengan Densus 88 Polri.

"Namun ada hal yang menarik seperti tadi saya sampaikan tersebut, kita terus dalami dan kami terus melakukan koordinasi dengan tim khusus dari Densus 88 Polri," tuturnya.

Polisi juga akan memeriksa kondisi kejiwaan Rizal. Termasuk juga memberikan trauma healing kepada korban penculikan.

Diberitakan sebelumnya, polisi mengungkap jejak hitam Abi Rizal Afif (28), tersangka penculik 12 anak di Bogor hingga Jakarta. Tersangka mengaku seorang mantan narapidana kasus terorisme yang baru keluar dari Lapas Khusus Kelas II-A Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

"Terhadap yang bersangkutan kami masih lakukan pendalaman. Karena berdasarkan pengakuan tersangka, tersangka sudah tiga kali menjalani hukuman pidana. Dua kali (di antaranya) menjalani pidana kasus terorisme," kata Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Jl Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (12/5/2022).

Selain dua kasus pidana terorisme, tersangka Abi Rizal Afif pernah terlibat kasus pidana penipuan di Depok, Jawa Barat. Imam menyebutkan tersangka Abi Rizal Afif juga mengaku pernah mengikuti pelatihan perang di Poso.

baca di halaman selanjutnya: tersangka mengaku sudah menculik 12 anak di Bogor, Jakarta dan Tangsel.

Lihat juga Video: Viral Penculik Anak Diamuk Warga di Tasikmalaya, Ternyata Ini Faktanya

[Gambas:Video 20detik]