Pengacara Tuding Penculik 12 Bocah Cuma Ngaku-aku Murid Habib Bahar

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 13:38 WIB
Habib Bahar bin Smith menjalani sidang penyebaran berita hoaks di PN Bandung, Selasa (5/4/2022)
Habib Bahar bin Smith (Wisma Putra/detikJabar)
Jakarta -

Tim pengacara Habib Bahar bin Smith membantah pengakuan pelaku penculikan 12 bocah di Bogor, Rizal Afif, yang mengaku sebagai murid Habib Bahar. Pengacara menyebut Rizal Afif hanya mengaku-aku.

"Tidak benar kalau Rizal Afif murid Habib Bahar. Dia hanya dalam tempat dan waktu yang sama, pernah bertemu dengan habib Bahar. Dia pernah menghuni Lapas Gunung Sindur, sehingga saat beliau ditahan di Lapas Gunung Sindur, sempat bertemu dengan Habib, itu saja," ujar pengacara Bahar, Ichwan Tuankotta, saat dimintai konfirmasi, Jumat (13/5/2022).

Ichwan membenarkan Rizal Afif pernah singgah di pondok milik Habib Bahar. Namun saat itu juga tidak bertemu dengan Bahar.

"Dan kalau pengakuan pernah ke pondok, iya dia pernah singgah ke pondok. Namun Habib Bahar sudah ditahan kembali di Polda Jabar, itu saja pertemuannya," katanya.

"Jadi setiap orang bisa saja mengaku-aku, tapi pengakuannya perlu dibuktikan," lanjutnya.

Menurut Ichwan, Rizal Afif pernah menjadi narapidana di Lapas Gunung Sindur. Rizal, kata Ichwan, ditahan atas kasus penipuan.

"(Rizal Afif ditahan) kasus 378. Nama sama, tapi mungkin orang beda," ungkapnya.

Penjelasan Kalapas Gunung Sindur

Kalapas Gunung Sindur Mujiarto buka suara terkait pengakuan Rizal Afif ini. Mujiarto membantah bahwa Rizal Afif ini adalah mantan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Gunung Sindur.

"Bahwa berdasarkan data yang kami miliki, dapat kami sampaikan tersangka atas nama Abi Rizal Afif tidak pernah ada dan tidak pernah menjalani pidana di Lapas Khusus Kelas II-A Gunung Sindur," ujar Mujiarto dalam keterangan kepada detikcom.

Mujiarto mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Bogor. Mujiarto menegaskan tidak ada nama WBP atau mantan WBP bernama Abi Rizal Afif.

Lihat Video: Kuasa Hukum Habib Bahar Siapkan Materi Eksepsi soal HRS-Penembakan FPI

[Gambas:Video 20detik]